Pendidikan Tinggi Kaltim Semakin Maju

Pendidikan Tinggi Kaltim Semakin Maju

 

SAMARINDA – Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP mengungkapkan perkembangan dunia pendidikan Kaltim sudah semakin membaik, utamanya pada pendidikan tinggi dengan telah berperannya Universitas Mulawarman sejak lama sebagai penyokong sumber daya manusia (SDM) di daerah ini..

    Prestasi dunia pendidikan di Kaltim, lanjut dia, khususnya pendidikan tinggi ini ternyata memberikan kepercayaan pemerintah pusat untuk berdirinya Institut Teknologi Kalimantan (ITK) di Balikpapan dan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Kaltim di Tenggarong, Kutai Kartanegara.

    “Bagi seluruh mahasiswa ITK dan ISBI Kaltim, pemprov memberikan beasiswa penuh. Karena diyakini pemberian beasiswa melalui Beasiswa Kaltim Cemerlang adalah sebagai modal bagi peningkatan SDM, sekaligus sebagai investasi jangka panjang, masa depan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kaltim,” kata Mukmin Faisyal pada Temu Kenal dengan Rektor Unmul Prof Masjaya dan Rektor ITK Prof Sulistijono, di Pendopo Lamin Etam, Senin (17/11) malam.

    Menurut dia, tugas kedua rektor baru adalah bagaimana menyelenggarakan pendidikan, utamanya kegiatan perkuliahan, penelitian dan pengabdian perguruan tinggi pada masyarakat dengan sebaik-baiknya sehingga mencapai kemajuan dan kejayaan di saat sekarang maupun di masa-masa yang akan datang.

    Untuk Unmul, kata Mukmin, sebagaimana target mereka menuju World Class University, maka pembenahan harus terus dilakukan. Baik melengkapi fasilitas kegiatan perkuliahan, memenuhi kualifikasi tenaga dosen serta terus meningkatkan akreditasi. Sehingga lulusan-lulusanyang dihasilkan merupakan SDM yang siap bersaing di dunia kerja.

    Demikian halnya kepada ITK, sebagai perguruan tinggi baru yang ditetapkan baik bagi rektor jajaran ITK hingga mahasiswa harus lebih bekerja ekstra agar ITK dapat berkembang dengan baik. Terutama kepada mahasiswa yang merupakan penerima beasiswa penuh Kaltim Cemerlang, harus terus berupaya meningkatkan prestasi akademik.

    Terlebih juga di Kaltim sudah berdiri satu peguruan tinggi baru, yakni Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kaltim di Samarinda. Sehingga, Mukmin berharap baik perguruan tinggi baru maupun yang sudah lama ada dapat saling bersinergi dan terus berkoordinasi untuk bersama-sama pemerintah daerah mewujudkan visi Kaltim Maju 2018 dengan turut

mencetak SDM andal dan berkualitas sebagai generasi penerus pembangunan di masa mendatang.

    "Kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah pusat maupun dukungan yang diberikan masyarakat, jangan sampai disia-siakan, melainkan kita harus dapat membuktikan bahwa Kaltim juga mampu dalam hal menyelenggarakan pendidikan tinggi yang lebih baik," pungkasnya. (her/sul/es/hmsprov)

Foto: Mukmin Faisyal bersama Ketua DPRD Kaltim, HM Syahrun berbincang dengan Rektor Universitas Mulawarman Prof Masjaya (tengah). (norjaya/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait