Penertiban Anjal Peningkatan Kesejahteraan Sosial

SAMARINDA - Maraknya anak jalanan (Anjal) di ibukota Provinsi Kaltim Samarinda, terutama pada saat Ramadan hingga jelang Lebaran Idul Fitri tahun ini diharapkan dapat ditangani serius Pemkot Samarinda. Penertiban harus segera dilakukan.

Namun demikian, penertiban seharusnya tidak menjadi ancaman bagi para anak jalanan, tetapi justru harus dapat meningkatkan kesejahteraan sosial mereka.

"Ini harus mereka pahami termasuk oleh aparatur terkait yang menangani penertiban tersebut. Sampaikan bahwa itu bukan menjadikan mereka sengsara tetapi mendukung mereka untuk menjadi anak yang berguna bagi diri sendiri maupun orang lain,” kata Asisten Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim Bere Ali, Kamis (23/6).

Dengan ditertibkan, anak-anak tersebut maupun gelandangan pengemis dan pengamen diharapkan ke depan tidak menjadi orang yang terlantar kehidupannya. Karena, penertiban tersebut juga didukung dengan pembinaan ke masing-masing anak jalanan, gelandangan pengemis dan pengamen di panti asuhan yang dimiliki Pemprov Kaltim maupun kabupaten/kota, termasuk di Samarinda.  "Kami siap menampung dan membina mereka,” tegas Bere. (jay/sul/humasprov)  

Berita Terkait
Government Public Relation