Pengelolaan Logistik Bencana dengan SOP

Pertemuan Penyusunan Laporan Logistik Dinas Sosial  Kaltim

SAMARINDA - Seluruh petugas pengelola logistik bencana di instansi sosial kabupaten/kota se Kaltim, wajib mengacu pada Standar Operasional Prosedur (SOP), mulai perencanaan, penyusunan kebutuhan hingga pendistribusian, sehingga tepat sasaran dan terhindar dari masalah hukum.

Hal itu dikatakan Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Kaltim  Mariyatin Hariningsih, mewakili Kadis Sosial Kaltim Hj Siti Rusmalia Idrus, pada pembukaan Penyusunan Laporan Logistik Angkatan I Tahun 2014,  di Samarinda, Rabu (2/4).

  "Dengan mengacu SOP,  maka bahan logistik yang diperlukan bisa sesuai dengan kebutuhan di lapangan dan tepat saran serta terhindar dari kemungkinan masalah hukum,” katanya.

Karena itu, perencanaan, pengelolaan dan penggunaan logistik harus benar-benar tercatat dengan sebaik mungkin, khususnya dalam hal keluar masuk barang atau pergeseran mutasi barang harus disertai dengan berita acara," ujarnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan  seluruh petugas pengelola logistik dapat membuat perencanaan, penyusunan kebutuhan dan pengelolaan logistik secara realistis dalam arti disesuaikan dengan kebutuhan di masing-masing daerah, terutama pada saat terjadi musibah atau bencana.

"Seluruh petugas pengelola logistik harus mampu membuat perencanaan, penyusunan kebutuhan dan pengelolaan logistik yang baik, jangan sampai usulan kebutuhan logistik tidak sesuai dengan kondisi di lapangan," jelasnya.

Dengan pengelolaan yang tepat, maka penyaluran bantuan untuk korban bencana dapat dilakukan secara cepat dan tepat sasaran, jangan sampai penyaluran bantuan terlambat karena kesalahan adminitrasi.

Sementara itu,  Kasi Penanggulangan Korban Bencana Alam dan Sosial (PKBAS) Dinas Sosial  Kaltim , Achmad Rasyidi mengatakan, kegiatan tersebut diikuti 25 peserta dari sembilan kabupaten/kota di Kaltim. Adapun maksud digelarnya kegiatan tersebut adalah tersedianya petugas penanggulangan bencana khususnya di bidang pengelolaan dan pelaporan logistik.

Sedangkan tujuan digelarnya kegiatan ini  adalah untuk memberikan pengetahuan tentang barang bantuan logistik,  berupa jenis, kemanfaatan atau kegunaan dan kuantitas yang diberikan sesuai dengan kebutuhan di lapangan. (sar/sul/es/hmsprov).

/////FOTO : Sejumlah petugas BPBD Kaltim sedang menangani pendistribusian logistic. Penanganan logistik pada saat terjadi bencana harus sesuai SOP yang benar agar tepat sasaran dan terhindar dari kemungkinan masalah hukum.(Ist)

Berita Terkait