Pengemudi Angkutan Lebaran Wajib Tes Urin

Salman Lumoindong

SAMARINDA - Guna mengantisipasi  terjadinya kecelakaan lalu lintas serta demi kelancaran dan keselamatan angkutan lebaran 2018, Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim  melakukan pendampingan dan monitoring jajaran Dishub kabupaten/kota yang melakukan tes urin kepada pengemudi kendaraan umum angkutan lebaran.

Kepala Dishub Kaltim H Salman Lumoindong mengatakan,  kecelakaan sering kali terjadi bukan karena kendaraan maupun kondisi jalan, tetapi juga bisa terjadi karena faktor  pengemudinya. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi dan memanimalisir kecelakaan lalu lintas, Dishub merekomendasikan kepada Dishub kabupaten/kota untuk melaksanakan tes urin kepada seluruh pengemudi angkutan lebaran 2018. "Kita  tidak ingin keselamatan di jalan dipertaruhkan karena narkoba ataupun minuman beralkohol. Apabila ditemukan pengemudi positif menggunakan narkoba akan segera ditindak tegas," tegasnya. 

Selain tes urin, Dishub Kaltim juga merekomendasikan pengetatan pemeriksaan dan pengamanan di terminal maupun pelabuhan, termasuk terkait  kelaikan kendaraan umum angkutan lebaran 2018. "Semua sektor, terminal darat, pelabuhan laut dan bandara udara, maupun dermaga sungai akan menjadi perhatian utama. Saat ini kita sudah mulai melakukan pemeriksaan kondisi semua  sarana angkutan lebaran. Ini akan terus kita lakukan hingga arus mudik dan arus balik  (H+15) mendatang untuk menjamin kelancaran angkutan lebaran,

Salman juga menegaskan tidak ada dispensasi penumpang. Jangan sampai kecelakaan terjadi karena kelebihan penumpang. Ini yang harus terus diawasi karena pelaksanaanya tidak menutup kemungkinan terjadi kelebihan penumpang karena terjadi penumpukan di terminal. "Saya minta kepala terminal dan  kepala dermaga untuk menugaskan petugasnya melakukan pemeriksanaan secara ketat dan teliti sebelum diberikan izin pemberangkatan," tegas Salman Lumoindong. (mar/sul/humasprov)

Berita Terkait