Penghargaan Bukti Keberhasilan Pembangunan

 

Penghargaan Bukti Keberhasilan Pembangunan

Penghargaan bukan tujuan, karena kerja yang dilakukan Pemprov Kaltim adalah untuk kemajuan dan kesejahteraan rakyat. Berikut beberapa prestasi dan penghargaan yang diperoleh Awang Faroek, baik penghargaan selaku guburnur maupun yang diterima Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

 

  1. Penghargaan Terbaik Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB). Kaltim mampu mempertahankan prestasi  berturut-turut sejak 2009. 
  2. Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tahun 2013 atas Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Kaltim pada tahun buku 2012 dari BPK-RI.
  3. Terbaik I Tim Evaluasi dan Pengawasan Penyerapan Anggaran (TEPPA) Tahun Anggaran 2013 dari Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4).
  4. Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik. Pemprov Kaltim meraih peringkat pertama  Bidang  Keterbukaan Informasi Publik (KIP) kategori provinsi se-Indonesia tahun 2012. 
  5. Penghargaan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) berupa Anugerah Cinta Karya Bangsa (ACKB).
  6. Peduli Penyandang Cacat, diterima oada Peringatan Hari Internasional Penyandang Cacat/Disabilitas di Jakarta, pada awal Desember 2011.
  7. Indonesia Green Award dari  La Tofi School of Community Social Responcibility (LTSCSR).
  8. Anugrah Parahita Ekapraya (APE) Tingkat Pertama, penghargaan terhadap kinerja di bidang pemberdayaan perempuan, diterima 2011 dan 2012.
  9. Penghargaan dari Wredatama, diterima pada  peringatan HUT PWRI pada 2010.
  10. Penghargaan Satya Lencana Adi Bhakti Maha Putra, diterima pada Pekan Nasional Kontak Tani dan Nelayan Andalan (Penas KTNA) XIII-2011 di Tenggarong, Kutai Kartanegara.
  11. Adi Bakti Mina Bahari, diterima pada Peringatan Hari Nusantara di Pekanbaru akhir 2011.
  12. Manggala Karya Bhakti Husada, diterima pada peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-47.
  13. ISO  9001-2008 Perpustakaan Daerah, bukti kinerja Perpustakaan Daerah Kaltim  yang berorientasi pada pelayanan prima.
  14. BKN Award diberikan Badan Kepegawaian Nasional (BKN), bukti peningkatan kualitas sumber daya manusia PNS) yang berpengaruh terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.
  15. Sertifikat ISO 9001:2008 untuk Rumah Sakit Kaltim,  Tiga dari empat  rumah sakit milik Pemprov Kaltim yaitu RSUD Abdul Wahab Sjachranie, RSUD Kanujoso Djatiwibowo, RSKD Atma Husada Mahakam Samarinda berhasil memperoleh serifikat ISO9001;2008  untuk berbagai jenis pelayanan.
  16. Kaltim Terbaik E-Data dalam penerapan Elektronik Data (e-Data) secara Online dari PT Multi Info Dataindo yang merupakan satu perusahaan yang melakukan pilot project Program Elektronik dan Data di Wilayah Kaltim.
  17. Penghargaan Manggala Karya Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) tahun 2012.
  18. Penghargaan Budhipura, bukti kepedulian pada pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) di daerah.
  19. Penghargaan Penerapa E-KTP dari Kementerian Dalam Negeri tahun 2012.
  20. Anugerah Cinta Karya Anak Bangsa, 2012.
  21. Penghargaan IPPKINDO, diberika Ikatan Pemberdayaan Pedagang Kecil Indonesia, 2013.

KESAN DAN HARAPAN

Anggota DPR RI asal Kaltim,

Dr Hetifah Sjaifudian

 

Rakyat Kaltim patut berbangga memiliki Gubernur Awang Faroek Ishak. Bukan hanya karena memiliki pengalaman, mampu dan cerdas,  tetapi lebih dari itu kontribusi dan dedikasi Gubernur Awang Faroek memang sangat besar untuk daerah ini.

Sejarah kepemimpinannya membuktikan banyak perubahan dan kemajuan di Kaltim. Memimpin daerah yang luas dengan karakteristik penduduk dan wilayah yang beragam bukan perkara yang mudah.

Awang Faroek Ishak sudah membuktikan bahwa hal-hal yang sulit bisa diatasi dengan kesungguhan dan spirit yang kuat. Tentu saja bukan tidak ada kontroversi atas kebijakan atau mega proyek yang diinisiasinya.

Namun Awang Faroek Ishak selalu teguh dengan cita-citanya. Reformasi terbukti sudah bisa dilakukan, walaupun awalnya bukan tanpa resistensi. Kombinasi pengalaman sebagai politisi, birokrat dan akademisi membuat Awang Faroek Ishak menjadi figur yang kharismatik sekaligus disegani.

Inovasi-inovasinya untuk pembangunan daerah sudah layak menjadi contoh bagi daerah-daerah lain di Indonesia dan Awang Faroek Ishak suatu saat akan menjadi figur nasional yang membanggakan. (jay/sul/hmsprov)


 

Ketua Dewan Adat Dayak Kaltim,

Edi Gunawan Areq Lung

 

Pak Awang sangat pantas menerima penghargaan Bintang Jasa Utama dari Presiden SBY, karena pada masa kepemimpinannya pembangunan Kaltim berkembang sangat baik. Khususnya di sektor pendidikan dan kesehatan, maupun sektor-sektor lainnya.

Namun, jangan berhenti sampai di situ, sebab masih banyak yang harus dibenahi dalam melanjutkan kepemimpinan Pak Awang lima tahun mendatang. Pembangunan harus lebih merata, sistem penyaluran Beasiswa Kaltim Cemerlang juga harus dibenahi karena ini menyangkut pemerataan bagi masyarakat. Demikian juga untuk infrastruktur jalan harus terus ditingkatkan kualitasnya.

Tidak lupa juga, saya sampaikan terima kasih atas sudah dilaksanakannya peletakan batu pertama untuk pembangunan Lamin Adat Dayak Kaltim. Semoga  pembangunannya berjalan lancar dan ketika selesai dapat menjadi ikon Kaltim sebagai provinsi yang kaya akan adat dan budaya. Karena, Pak Awang sangat peduli terhadap perkembangan dan kelestarian budaya lokal. Sekali lagi selamat untuk Pak Awang, semoga kedepan bisa lebih baik lagi. (her/sul/hmsprov)


 

Ketua Purna Paskibraka Kaltim,

Asmadi Asman

 

Sebagai gubernur Awang Faroek Ishak banyak memberikan pembinaan kepada pemuda, terutama anggota Paskibraka. Kalaupun harus diberikan penghargaan kepada beliau, saya menilai tidaklah cukup dari apa yang telah diberikannya selama ini kepada generasi muda. Bahkan banyak kerja-kerja positif beliau yang banyak dinikmati masyarakat, tetapi masyarakat sendiri tidak menyadarinya.

Kami berharap kedepan beliau selalu sehat dan mampu memimpin Kaltim hingga tuntas. Sehingga program yang belum tercapai dapat diselesaikan pada kepemimpinan beliau. Dengan harapan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud. (jay/sul/hmsprov)


Ketua MPI Kaltim,

Yunus Nusi

Bapak Awang Faroek Ishak sudah dikenal sejak era 80an. Mulai sebagai akademisi, Ketua KNPI Kaltim, sebagai anggota DPR RI selama 10 tahun, bahkan hingga saat ini mampu memimpin Kaltim dengan cemerlang.

Sulit menyangkal bahwa Gubernur Awang Faroek Ishak telah membuktikan  banyak perubahan positif dan kemajuan besar yang telah dilakukan untuk daerah ini. Diberikannya penghargaan dari Presiden RI baru-baru ini, merupakan bagian apresiasi bangsa ini kepada beliau. Menurut saya tokoh-tokoh seperti ini yang dibutuhkan Kaltim, bahkan bangsa kita.

Kami kaum muda sangat berharap kecerdasan dan kepiawaian beliau dalam memimpin organisasi maupun daerah ini menular ke kami, para generasi muda. Beliau patut menjadi contoh dan panutan bagi kami generasi muda. . (jay/sul/hmsprov)   


Ketua Umum PW Muhammadiyah Kaltim,

H Suyatman

Apa yang telah dicapai maupun diraih Gubernur Awang Faroek Ishak sejak menjadi akademisi hingga politisi dan pejabat daerah, merupakan bukti beliau adalah orang yang berprestasi yang harus diakui oleh siapa pun.

Semoga prestasi yang telah dicapai maupun diraih beliau hingga saat ini dapat memotivasi kita semua, terutama generasi muda untuk lebih berbakti kepada masyarakat, negara dan kemanusian dalam ridha Allah SWT. (jay/sul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation