Penuhi Tenaga Kesehatan Pedalaman dan Perbatasan

SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kaltim terus berupaya meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya di kawasan pedalaman dan perbatasan. Diantaranya, pemerintah berkolaborasi lintas sektor melengkapi sarana dan prasarana kesehatan khususnya tenaga kesehatan di Puskesmas dan Rumah Sakit Pratama (RSP).

Kebijakan itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim Hj Rini Retno Sukesi Rapat Kerja Kesehatan Daerah Provinsi Kaltim 2019 di Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Selasa (5/3/2019).

Diungkapkannya, saat ini pihaknya terus berupaya memenuhi jumlah ketersediaan sumber daya manusia (SDM) bidang kesehatan. "SDM kesehatan kita walaupun sudah cukup baik tapi rasionya belum terpenuhi," tandasnya.

Rini mengakui perhatian lebih utama dilakukan bagi masyarakat di wilayah pedalaman dan perbatasan.

Sebab ketesediaan tenaga kesehatannya masih kurang dan Pemprov Kaltim bersama dengan kabupaten yang bersangkutan terus berupaya memenuhinya.

Terutama lanjutnya, bagaimana kekurangan tersebut bisa diminimalisir sehingga pelayanan kesehatan masyarakat setempat bisa optimal. Rini menjelaskan kekurangan tenaga kesehatan khususnya desa-desa di kecamatan Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) seperti Long Apari, dan Long Pahangai tetap menjadi perhatian.

"Bahkan dari Kementerian Kesehatan membantu mengirimkan tenaga kesehatan melalui Tim Nusantara Sehat terdiri dokter umum dan spesialis gigi, petugas gizi dan kesehatan lain," jelasnya. (mar/her/yans/fat/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation