Penumpang Bakal Melonjak di APT Pranoto

Bandara APT Pranoto sudah didarati pesawat CN 295 AU yang mengangkut Panglima TNI dan Kapolri, Jumat lalu. Lonjakan penumpang diprediksi akan terjadi dalam arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini. (adi seno/humasprov)

SAMARINDA - Lonjakan penumpang saat arus mudik dan balik lebaran diprediksi terjadi tahun ini. lonjakan terjadi baik untuk penumpang jalur darat, laut, sungai dan  penumpang udara. Jika tahun sebelumnya hanya berkisar 700 ribu penumpang,  maka tahun ini diperkirakan meningkat menjadi 800an ribu penumpang.

Kepala Dishub Kaltim Salman Lumoindong mengatakan lonjakan ini biasa terjadi. Untuk jalur udara, sebelumnya masyarakat hanya mengandalkan Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan di Balikpapan. dan Bandara Temindung Samarinda untuk penerbangan lokal. Tetapi tahun ini masyarakat Samarinda dan sekitarnya sudah bisa memanfaatkan Bandara Internasional APT Pranoto untuk penerbangan domestik. 

"Lonjakan mungkin terjadi di Bandara APT Pranoto. Karena masyarakat pasti ingin lebih cepat pulang ke kampung mereka tanpa harus lewat Balikpapan. Apalagi, jika Wings Air ATR-72 beroperasi tepat di Hari Lebaran. Tentu akan padat penumpang," kata Salman Lumoindong di Samarinda, Minggu (10/6).

Beroperasinya Bandara APT Pranoto akan mendukung arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini. diperkirakan lonjakan penumpang udara menjadi yang tertinggi persentasenya mencapai 59 persen. Sedangkan darat, laut dan sungai diperkirakan hanya 11-17 persen saja. Salman berharap arus mudik dan arus balik tahun ini berjalan aman dan lancar. (jay/sul/humasprov)

Berita Terkait