Penunjukan Komisioner KI Kaltim Memasuki Tahap Uji Publik

SAMARINDA - Tim Seleksi (Timsel) Komisioner Komisi Informasi (KI) Kaltim akan melakukan sejumlah upaya untuk menentukan komisioner berkualitas. Salah satunya dengan melakukan penjaringan calon komisioner KI  dengan uji publik.

"Uji publik bagi calon Komisioner KI Kaltim telah masuk dalam tahapan seleksi yang rencananya dijadwalkan pada 25 April hingga 1 Mei mendatang," kata ketua Timsel KI Kaltim Sarosa Hamongpranoto.

Menurut dia, uji publik yang akan dilaksanakan nanti akan menjadi suatu momentum dalam menampung masukan dari masyarakat terhadap komisioner yang terpilih adalah komisioner yang dinilai layak menjadi komisioner.

"Sebelumnya uji publik ini tidak masuk dalam tahapan. Namun, setelah kita melihat keberhasilan Pemprov Jateng dalam penyeleksian komisioner KI Kaltim, Uji publik yang paling tepat untuk mendapat masukan dari masyarakat tentang para komisioner yang terpilih nanti," katanya.

Dengan uji publik, Sarosa berharap, Timsel bisa mendapat sejumlah masukan baik melalui surat yang dikirim melalui pos, surat elektronik (email) maupun surat yang dikirim langsung dengan mendatangi Sekretariat Timsel di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim.

"Kita nantinya bisa melihat dan menilai kembali, apakah calon yang terpilih memang tepat atau tidak untuk menjadi Komisioner. Kalau tidak ada laporan dari masyarakat saat jadwal uji publik dilakukan. Kami akan menyerahkan hasil seleksi ke DPRD Kaltim untuk menjalankan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan," katanya. (rus/sul/es/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation