Penurunan Emisi Karbon, Teluk Sumbang Siap Menyumbang

Desa Teluk Sumbang (yuvita/humasprovkaltim)

BERAU- Dalam rangka program pengurangan emisi dari Deforestasi dan Degradasi Hutan melalui Program Forest  Carbon Partnership Facilities-Carbon Fund (FCPF-CF) yang dikelola oleh Bank Dunia, Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Kaltim dan wartawan kembali melakukan kunjungan jurnalistik. Kali ini tim jurnalis mengunjungi lokasi paling utara Kalimantan Timur yaitu Desa Teluk Sumbang, Kecamatan Biduk-Biduk, Berau. .

Teluk Sumbang menjadi salah satu desa yang ditunjuk sebagai Kampung Iklim Plus (Proklim+) yang merupakan program FCPF. FCPF Program Carbon Fund adalah program untuk mengurangi emisi dari deforestasi dan degradasi hutan atau dikenal dengan REDD+ (Reducing Emissions from Deforestation and Forest Degradation plus). 

Kepala Kampung Abdul Karim mengungkap penduduk di Desa Teluk Sumbang rata-rata berladang dan nelayan. Tak heran, sebab kontur Desa Teluk Sumbang terdiri dari bukit-bukit dan pesisir pantai. Karim menyebut masyarakat sekitar sangat peduli dengan alam. Sehingga saat penunjukkan desa ini sebagai kampung iklim, masyarakat siap mendukung dan berpartisipasi. 

"Selama program ini untuk kebaikan dan kesejahteraan masyarakat, pastinya kami dukung dan bantu," tutur lelaki berusia 55 tahun tersebut.

Demikian Sekretaris Desa Teluk Sumbang Al Hamid menguraikan wilayah desa sebesar 15 ribu hektar termasuk lautan. Jumlah warga sebanyak 201 kepala keluarga dengan 726 jiwa. 

"Potensi wisata di Teluk Sumbang ini ada pantai, pulau dan air terjun. Untuk air terjun ada Air Terjun Bidadari dan Air Terjun Penimbul," terang Hamid. 

Hasil pertanian, lanjut Hamid, paling besar adalah kelapa. Biasanya komoditi ini dijual di kota yaitu Tanjung Redeb hingga Samarinda. Kelapa yang dijual rata-rata yang sudah tua. Sebab, memanen kelapa muda dalam jumlah banyak dipercaya masyarakat dapat merusak pohonnya. 

"Harapan kami wisata dapat meningkatkan ekonomi masyarakat," tutur Hamid. (yuv/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation