Penutupan Festival UMKM Samarinda 2018, Jaminan Kredit Usaha Modal Bagi UMKM

Meiliana bersama panitia Festival UMKM di Samarinda. (IST/ADC)

 

SAMARINDA - Meningkatkan pertumbuhan usaha ekonomi mikro di Kaltim, yaitu UMKM, maka diperlukan dukungan yang besar bagi para pelaku usaha mikro. Salah satunya adalah jaminan kredit usaha yang diprogramkan pemerintah daerah kepada masyarakat melalui PT Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Kaltim. Contohnya, peminjaman modal usaha bagi usaha mikro.

 

Pj Sekprov Kaltim Dr Hj Meiliana mengatakan, pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui pelaku usaha mikro wajib didukung. Karena itu, Pemprov Kaltim sangat konsisten dalam mendukung program ini. "UMKM di Kaltim sudah sangat bagus perkembangannya. Usaha mikro semakin banyak, baik usaha kuliner, sembako maupun makanan siap saji. Karena itu, mendukung pertumbuhan pelaku usaha, kita tawarkan mereka untuk meminjam modal ke Jamkrida, sehingga usaha yang dijalani semakin sukses," kata Meiliana usai menutup Festival UMKM se-Samarinda 2018 di Mal Lembuswana, Senin (2/4) malam.

 

Mendukung program ini, Jamkrida sudah siap membantu. Apalagi, adanya izin usaha yang diterbitkan pihak kecamatan, satu lembar satu hari. Tentu, akan membantu pelaku usaha mengembangkan usaha yang dijalankan. Bahkan, jika pinjaman modal usaha tidak banyak, tentu bisa dilakukan dengan Jamkrida maupun pihak perbankan. "Dengan izin usaha yang diberikan. Saya rasa sudah bisa mendapatkan pinjaman. Kalau cuma Rp20 juta saya rasa bisa," jelasnya.

 

Sedangkan program Festival UMKM yang dilaksanakan Komunitas Borneo UMKM, menurut Meiliana adalah langkah yang tepat, agar UMKM di Kaltim khususnya di Samarinda semakin berkembang. "Pemprov Kaltim sangat mendukung ini. Bahkan, mereka siap melaksanakan hal serupa di kabupaten/kota," ungkap Meiliana. (jay/sul/humasprov)

Berita Terkait