Penyempurnaan Rancangan Awal RKPD 2017

SAMARINDA - Konsultasi publik merupakan salah satu tahapan penyusunan Rencana Kerja  Pemerintah Daerah (RKPD), sebelum dilakukan Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) provinsi dan Musyarawah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD provinsi. Forum ini bertujuan untuk menghimpun aspirasi dan harapan  pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan  pada 2017.

RKPD 2017 merupakabn tahun keampat yang dimiliki posisi critical point strategis menentukan keberhasilan pencapaian terget RPJMD Kaltim 2013-2018 sebagai tahap ketiga RPJMD Kaltim tahun 2005-2025.

"Pada dasarnya pembangunan ditujukan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, karenanya dalam proses pembangunan harus memperhatikan norma-norma yaitu pembangunan tidak boleh  menciptakan dan memperlebar ketimpangan serta pertumbuhan ekonomi  yang dikejar tidak boleh menurunkan daya saing dan menimbulkan kerusakan lingkungan," kata Plh Sekprov Kaltim Dr Meiliana, pada pembukaan forum kunsultasi publik, yang  dilaksanakan  oleh  Bappeda Kaltim, di Hotel Mesra Internasional, Selasa (8/3).

Dikatakan, penyusunan RKPD 2017 harus dilakukan secara berkualitas dan lebih produktif sehingga perlu memperhatikan penentuan program dan kegiatan harus bersifat quick win (yang menyentuh masyarakat secara langsung, serta melakukan penghematan pada belanja pemerintah dengan memprioritaskan pada belanja-belanja yang bersifat wajib.

Kemudian investasi di daerah dalam upaya mendorong Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan mencari  sumber-sumber pembiayaan lain dengan pola publik private pertnership (PPP), sehingga kita tidak tergantung pada dana bagi hasil Migas dan batu bara," kata Meiliana.

Percepatan pembangunan dan pengembangan infrastruktur yang mendukung pusat-pusat ekonomi, industri, infrastruktur pedesaan, khususnya untuk mengatasi isolasi wilayah pedesaan agar perekonomian masyarakat berkembang.

Kemudian membangun komitmen seluruh stakeholders baik pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat untuk mendukung pencapaian terget-terget pembangunan yang telah disepakati bersama.

"Karena itu, diharapkan forum konsultasi publik ini bisa mendapat masukan penting dari sejumlah stakeholders," kata Meiliana. (mar/sul/es/hmsprov)  

Berita Terkait
Government Public Relation