Penyiapan Pengajar dengan Metode Blended Learning

Foto : Yuvita Indrasari

SAMARINDA - Mewakili Gubernur Kalimantan Timur, Plt Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kaltim HM Aswin membuka workshop penyiapan pengajar pelatihan kepemimpinan pengawas (PKP) dan pelatihan kepemimpinan administrator (PKA) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

.

Workshop yang diikuti 30 peserta diselenggarakan dari 4 - 12 Februari 2020 di Aula II BPSDM Kaltim, Senin (10/2/2020).

.

Aswin menuturkan workshop ditujukan mempersiapkan pengajar untuk pelatihan atau mengajar kepemimpinan nantinya. Sehingga dibutuhkan workshop agar mereka memiliki persepsi dan tujuan yang sama.

Para peserta atau pengajar terdiri para Widyaiswara yang telah berpengalaman dalam pemerintahan. Seperti, mantan Asisten III Bere Ali dan mantan Kepala Dinas Perhubungan Salman Lumindung. Dalam workshop ini digunakan metode blended learning. 

.

"Metode blended learning ialah peserta membaca sendiri materinya. Pada hari ini diberikan arahan oleh instruktur. Kami berharap kegiatan bisa terus dikembangkan," ujar Aswin. 

.

Melalui blended learning, lanjut dia pelatihan PKP dan PKA  dapat membangun kompetensi tenaga pengajar atau fasilitator yang profesional. 

.

Selain itu, mampu menerapkan metode pembelajaran dan mengevaluasi mata pelatihan pada setiap agenda pembelajaran serta memahami rancang bangun program mata pelatihan. (yuv/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait