Peran Arsiparis Dukung Tertib Administrasi

SAMARINDA-Kepala Badan Arsip Daerah Kaltim Drs Mariansyah  mengatakan, guna wujudkan administrasi yang tertib di masing-masing kantor dan dinas  di lingkungan Pemprov Kaltim, maka peran Arsiparis dapat mendukung tertib administrasi di masing-masing kantor. Karena, jika pengelolaan arsip tertib, maka administrasi di kantor juga baik. Dengan demikian, adanya dukungan dari arsiparis sangat diperlukan di masing-masing kantor.

"Tertib arsip tentu juga akan berimplikasi dengan tertibnya administrasi. Jadi, kuncinya adalah tertib arsip. Karena itu, seorang arsiparis berfungsi untuk menertibkan arsip terlebih dulu, setelah itu tertib administrasi dapat terlihat,"kata Mariansyah, disela-sela acara sosialisasi Pergub Nomor 27 tahun 2014 tentang pedoman penyerahan arsip statis bagi Orpol, Ormas dan perorangan, beberapa hari lalu.

Untuk mewujudkan administrasi yang baik, lanjut Mariansyah, maka masing-masing biro di lingkungan Setprov Kaltim dapat memiliki dua orang arsiparis dengan tujuan untuk melakukan kegiatan kearsipan pada instansi pemerintahan, khususnya biro-biro.

Banyak tugas yang patut dilakukan oleh arsiparis. misalnya, mendata arsip keuangan di masing-masing kantor dan asset. Contoh, jika ada asset yang sudah 10 tahun tidak dapat digunakan, maka segera untuk dilaporkan ke Badan Arsip Daerah, sehingga dapat didata keberadaan asset yang dimaksud.

"Dengan begitu pemerintah bisa mengatur mana asset yang patut dimusnahkan, dipertahankan dan diperbaharui. Karena itu, setiap biro perlu adanya arsiparis yang mendata arsip yang dimiliki sehingga tertib administrasi," jelasnya.(mar/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation