Peran Pertanian Penting untuk Pembangunan Daerah

Mukmin : Alih Fungsi Lahan Hanya Kepentingan Sesaat

 

MARUAT- Wagub Kaltim HM Mukmin Faisyal HP mengimbau agar masyarakat tidak terbujuk dengan perubahan alih fungsi lahan dari pertanian padi menjadi pertambangan. Karena, hal itu sangat merugikan masyarakat.

Menurut dia, petani di Kaltim sudah sadar bagaimana dampak alih fungsi tersebut. Karena, jika dialih fungsikan menjadi pertambangan, maka petani tidak akan dapat apa-apa.

“Itu sangat bahaya, saya yakin alih fungsi lahan hanya sebagai kepentingan sesaat saja,” kata Mukmin Faisyal di Desa Maruat Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser, Sabtu (4/1).

Dia mengatakan sektor pertanian mempunyai peranan yang sangat penting dalam membangun perekonomian nasional termasuk perekonomian daerah, karena sektor pertanian berfungsi sebagai penyedia bahan pangan untuk ketahanan pangan masyarakat, sebagai instrumen pengentasan kemiskinan, penyedia lapangan kerja, serta sumber pendapatan masyarakat. 

Menurut dia, Kabupaten Paser merupakan satu daerah di Kaltim yang potensial untuk pertanian tanaman pangan dan diharapkan bisa menjadi lumbung padi terbesar di Kaltim.

Karena itu, dengan jutaan hektar lahan potensial di Kaltim yang ada dan dapat dimanfaatkan secara maksimal, maka bukan mustahil Kaltim secara umum, akan mampu berswasembada beras.

”Saya berharap Pemerintah Kabupaten Paser dapat mengimbau para petani agar tidak tergiur dengan alih fungsi tersebut. Diharapkan Pemkab Paser terus memberikan perhatian kepada para petani yang didukung dengan pengalokasian anggaran dana pembangunan sektor pertanian yang memadai, maupun rangsangan lain yang dapat memacu usaha pertanian di daerah ini, agar makin bergairah lagi,” jelasnya.(jay/hmsprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation