Peran Tagana di Kaltim Terus Dimantapkan
SAMARINDA - Peran Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kaltim terus dimantapkan. Salah satunya dengan pemantapan petugas pendamping sosial di masyarakat, terutama untuk penanganan pasca bencana.
Demikian dikatakan Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial,  Hj.  Maryatin Hariningsih yang membacakan sambutan tertulis Plt. Kepala Dinas Sosial Kaltim saat pembukaan Pemantapan Petugas Pendamping Sosial tahun 2013 di Samarinda, Rabu (31/7).
"Penanggulangan bencana tidak hanya sekedar ingin melakukan pertolongan saat terjadi bencana saja, melainkan juga melakukan proses pertolongan pasca bencana yang harus memiliki tujuan dan teknik yang dapat dipertanggungjawabkan," ujarnya.
Dijelaskannya, peran Tagana dalam penanganan suatu bencana dimulai dengan proses evakuasi, pendataan dan pemetaan lokasi. Selanjutnya bantuan logistik berupa pendirian dapur umum  dan yang terakhir adalah pemulihan pasca bencana khususnya pada anak-anak, ibu hamil, dan para usia lanjut.
Sementara itu, Ketua Panitia yang juga Pembina Tagana Kaltim, Ayi Hikmat menjelsakan kegiatan ini diikuti 60 orang peserta dari sepuluh kabupaten/kota di Kaltim selain Kabupaten Malinau, Tana Tidung, Kota Tarakan dan Berau. Kegiatan selain beruma teori juga dikombinasikan dengan praktek lapangan di UPTD Panti Sosial Treswna Werdha Nirmala, Panti Sosial  Karya Wanita, Panti Sosial Anak Harapan dan Panti Sosial Untung Tuah Samarinda selama lima hari.
"Jumlah anggota Tagana Kaltim saat ini sebanyak 644 orang dan ada 40 anggota lainnya yang siap untuk dilantik. Kita ingin kemampuan dan keterampilan mereka selalu diperbarui sehingga dapat menghadapi sebaga bentuk bencana dengan kesiapsiagaan yang tinggi," harapnya.(yul/hmsprov)
 
Berita Terkait
Government Public Relation