Perbankan Diminta Galakkan Ekonomi Kerakyatan

SAMARINDA - Perbankan di Kaltim diminta untuk terus menyukseskan program ekonomi kerakyatan.Sehingga kesejahteraan rakyat dapat tercipta dengan baik. Banyak cara dilakukan untuk menyukseskan program tersebut, yakni dengan memberikan kemudahan modal usaha  bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM). 

Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menilai saat ini perbankan sudah mulai melaksanakan program tersebut.Hal itu yang kini dilaksanakan BPD Kaltim dengan memberikan program kredit ternak sejahtera dan pangan sejahtera.Begitu juga perbankan lainnya, seperti BNI, BRI dan Bank Mandiri yang sudah melaksanakan program kredit usaha rakyat (KUR).

"Semua itu adalah wujud kita menggalakkan ekonomi kerakyatan. Diharapkan, perbankan di Kaltim terus menggalakkan program ini," kata Awang Faroek Ishak di Kantor Gubernur Kaltim, Senin (7/3).

Karena itu, hingga saat ini pemerintah daerah terus berupaya memberikan kemudahan dalam pelaksanaan program tersebut.Contohnya, dengan memberikan kemudahan izin usaha UKM yang satu hari jadi di kecamatan. Untuk proses ini  kerjasama sudah dilakukan dengan sejumlah bank.

Fasilitas tersebut diberikan agar program ekonomi kerakyatan di daerah lebih mudah.Karena itu, selain perbankan, pemerintah kabupaten/kota juga diminta untuk serius menangani program dimaksud.

"Ke depan setiap pedagang di mana saja harus punya izin dan saya minta para camat di Kaltim jemput bola untuk menyukseskan program tersebut," tegasnya. (jay/sul/hmsprov)

Berita Terkait