Perbankan Kaltim Diminta Dukung Pengembangan Sektor UMKM

Perbankan Kaltim Diminta Dukung Pengembangan Sektor UMKM

 

SAMARINDA – Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP mengungkapkan tantangan pembangunan di daerah saat ini adalah upaya meningkatkan perekonomian, perdagangan dan industri, peningkatan investasi, pengentasan kemiskinan melalui perbaikan ekonomi rakyat, menumbuhkembangkan perkoperasian, UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) untuk kesejahteraan masyarakat.

“Meskipun perekonomian di Kaltim saat ini cenderung membaik, namun bukannya tanpa masalah dan tantangan, mengingat perekonomian di beberapa negara di dunia kini masih dilanda krisis finansial global yang sedikit banyaknya juga berimbas pada kondisi ekonomi, perdagangan, maupun dampaknya terhadap pembangunan dan kehidupan masyarakat di Kaltim,” kata Mukmin belum lama ini.

Guna memajukan sektor perekonomian, diperlukan peranan seluruh pihak termasuk kalangan perbankan. Terutama perannya dalam permodalan bagi masyarakat pengguna jasa keuangan, khususnya pelaku usaha baik besar, menengah maupun pelaku usaha kecil.

Karena, salah satu penyebab melemahnya ekonomi dan pembangunan bisa dimungkinkan karena akses terhadap sumber permodalan tidak berjalan baik. Begitu pula sebaliknya, jika sumber permodalan berjalan dengan baik, maka pembangunan akan meningkat yang pada gilirannya akan berimbas pula pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Sehubungan dengan itu, lanjut dia, Pemprov Kaltim menaruh harapan besar dan mengimbau agar dunia perbankan di Kaltim sepenuhnya mendukung dan berpartisipasi aktif merealisasikan upaya peningkatan pembangunan dengan memberikan dukungan khususnya pada pembangunan sektor UMKM.

Pelaku UMKM membutuhkan permodalan cukup. Sedangkan dana yang dimiliki pemerintah terbatas, mengingat pemerintah juga harus membangun infrastruktur dan bidang lainnya.

Bank milik daerah, yakni Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim, telah menjalankan program kredit usaha rakyat (KUR) untuk berbagai sektor. Diantaranya, Kredit Ternak Sejahtera, Kredit Perikanan Sejahtera, Kredit Sawit Sejahtera dan Kredit Pangan Sejahtera.

“Pemprov bersama kabupaten/kota melalui Bankaltim siap memberikan tambahan modal bagi masyarakat untuk pengembangan usaha. Tentunya dengan berbagai kemudahan yang diberikan. Masyarakat juga harus bisa memaksimalkan program pemerintah ini untuk lebih meningkatkan kesejahteraan warga,” katanya.

Sektor UMKM memiliki peran penting dan strategis dalam memajukan perekonomian rakyat, disamping itu juga dapat menyerap tenaga kerja guna mengurangi pengangguran melalui pembukaan lapangan kerja di lingkungan masyarakat.

“Pengembangan sektor UMKM akan terus kita lakukan, karena terbukti sektor ini tidak terpengaruh dengan dampak krisis ekonomi global yang dirasakan negara di dunia termasuk Indonesia. Kita optimis dengan UMKM yang terus berkembang maka perekonomian dan kesejahteraan rakyat akan semakin meningkat,” pungkasnya. (her/es/hmsprov).

 

/////FOTO : BPD Kaltim merupakan bank milik daerah yang giat memberikan bantuan keungan kepada sejumlah UMKM. Diharapkan bank lain di daerah ini juga melakukan hal yang sama dengan alokasi pembiayaan yang lebih besar.(dok/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation