Perempuan Harus Mampu Membuat Perubahan

Peringatan Hari Kartini 2014 Tingkat Provinsi

            SAMARINDA – Para Ibu dan Perempuan Kaltim harus mampu berbuat dan berkarya sesuai profesi dan kemampuan masing-masing, guna menyikapi berbagai permasalahan yang menggejala di lingkungan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Kaltim, HM Mukmin Faisyal pada peringatan Hari Kartini 2014 yang digelar Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kaltim, di Pendopo Lamin Etam, Selasa (22/4).

“Permasalahan yang menggejala di masyarakat diantaranya masalah ekonomi, pengangguran dan pencari kerja yang tidak sepadan dengan lapangan yang tersedia, mendorong keterpaksaan pencari kerja wanita ke luar negeri yang tidak jarang terjebak dalam women trafficking atau penjualan perempuan. Selain itu, kemiskinan yang dialami masyarakat berdampak pada munculnya gizi buruk dan meningkatnya angka kematian ibu hamil,” kata Mukmin.

Pada sisi lain, permasalahan yang perlu mendapat perhatian, yaitu penyalahgunaan Narkoba yang terus meningkat, minuman keras, penyimpangan seksual dan bertambahnya penderita penyakit di dalam masyarakat, termasuk penyebaran penyakit HIV/AIDS, dimana korbannya lebih banyak adalah kaum perempuan.

Dia  berharap dalam kodisi jaman yang semakin maju dan modern, kaum perempuan harus mampu mengatasi banyak permasalahan. Dalam hal ini kemandirian sangat diperlukan. Ciri-ciri perempuan yang memiliki jiwa kemandirian antara lain ditunjukkan dengan kompetensi diri, konsistensi, kreativitas, komitmen dan adanya kendali diri, jujur dan mandiri.

Dengan demikian, kaum perempuan saat ini harus mampu membuat perubahan (mind setting), mampu membuka diri pada perkembangan jaman, mampu merebut peluang dan kesempatan, serta turut berpartisipasi dalam pembangunan walaupun dalam skala kecil di lingkungan keluarga dan masyarakat.

“Karena itu, bersama kaum pria, para ibu dan perempuan umumnya, hendaknya dapat menjadi mitra yang baik. Dengan kebersamaan yang saling mendukung itu, kita berharap segala permasalahan yang dihadapi bangsa dan negara ini dapat diatasi dengan baik. Begitu pula dengan eksistensi jati diri seorang perempuan, akan mendapat tempat dan penghargaan yang sebaik-baiknya,” kata Mukmin..

Sementara Kepala BPPKB Kaltim Hj Ardiningsih mengatakan melalui peringatan Hari Kartini 2014 yang mengangkat tema “Dengan Semangat Kartini Kita Wujudkan Perempuan Cerdas Generasi Berkualitas” ini, diharapkan semangat generasi muda maupun lanjut usia khususnya kaum perempuan di Kaltim tidak pudar.

Melainkan harus terus ditumbuhkan dan dipelihara agar selalu bersemangat dalam melakukan berbagai hal, tidak terkecuali untuk membantu mencerdaskan masyarakat generasi penerus.

Dia juga berharap kepada masyarakat agar peringatan Hari Kartini dapat terus diselenggarakan dengan berbagai event maupun kegiatan agar gaung semangat pejuang emansipasi wanita Indonesia tidak pernah hilang. (ina/es/hmsprov).

///FOTO :  Wakil Gubernur Kaltim, HM Mukmin Faisyal bersama sejumlah warga yang menghadiri Peringatan Hari Kartini 2014.(harry/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation