Perempuan Politik Harus Eksis Berjuang, Awang : Tingkatkan Kualitas dan Intelektual

Gubernur Awang Faroek Ishak berbincang akrab dengan Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Kaltim. (seno/humasprov kaltim)

 

SAMARINDA – Kaum perempuan harus memiliki semangat dan tekad yang kuat untuk meningkatkan kualitas diri agar mampu berkiprah optimal di eksekutif dan legislatif (politik). Hal itu ditegaskan Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak saat menerima jajaran Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Kaltim di ruang rapat Gubernur, Selasa (24/4). 

 

Menurut dia, pemerintah dan dunia perpolitikan memberikan ruang yang besar bagi kaum perempuan agar lebih eksis terlibat berjuang di dalamnya. “Perempuan wajib meningkatkan kualitas dan kapabilitas dirinya agar intelektualnya terbangun, sehingga mampu berkiprah di dunia politik dan pemerintahan,” katanya.

 

Gubernur berharap KPPI Kaltim mampu berkiprah di masyarakat terutama meningkatkan pemahaman dan pengetahuan kaum perempuan terhadap politik. “KPPI harus berkontribusi dalam membangun kesadaran masyarakat dalam berpolitik dan berdemokrasi. Suara perempuan sangat menentukan pelaksanaan demokrasi,” harapnya.

 

Sehingga Kaltim lanjut Awang, selain memiliki keterwakilan perempuan dalam kuantitas juga kualitas dan kapabilitas di bidang politik yang lebih baik. “Intelektualitas perempuan sangat penting dalam berpolitik, sehingga mampu berkiprah juga memperjuangkan kepentingan rakyat dan daerahnya,” tegas Awang Faroek. 

 

Sementara itu Ketua Umum DPD KPPI Kaltim Hj Sri Budi Yaumid mengungkapkan anggotanya merupakan perempuan lintas partai dan aktif berpolitik. “Sesuai harapan Pak Gubernur agar minimal keterwakilan perempuan 30 persen di partai politik. Kami aktif memberikan pendidikan politik bagi perempuan dan pemula,” ujar Yaumid. Dia menambahkan KPPI Kaltim terus membangun sinergi yang baik lintas partai politik dan pemerintah agar agenda politik dan demokrasi berjalan sukses. (yans/sul/humasprov)

Berita Terkait