Perencanaan Berkualitas Mencapai Tujuan Pembangunan Daerah

Kaltim Masuk Nominasi Anugerah Pangripta Nusantara


SAMARINDA – Dalam menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kaltim 2014, perlu diperhatikan beberapa hal penting yang menjadi acuan dalam proses penyusunan. RKPD 2014 akan fokus pada penguatan daya saing ekonomi berbasis sumber daya ekonomi terbarukan didukung peningkatan manajemen sumber daya aparatur.
“Ada tiga aspek yang menjadi acuan dalam penyusunan perencanaan prioritas pembangunan Kaltim, yaitu pemenuhan target RPJMD 2009-2013, sasaran pokok RPJPD Kaltim 2005-2025 khususnya RPJMD tahap tiga, 2014-2018, serta isu-isu strategis pembangunan,” kata Sekprov Kaltim Dr H Irianto Lambrie, pada Senin (25/3).
Menurut dia, diperlukan sejumlah upaya dalam mendukung RKPD 2014 dan perwujudan tujuan pembangunan daerah. Upaya yang harus dilakukan diantaranya memperhatikan dokumen-dokumen rencana pembangunan yang ditetapkan. Memastikan pencapaian standar pelayanan minimal (SPM) dalam program/kegiatan.
Selanjutnya, penyusunan program/kegiatan didasarkan pada kewenangan yang telah diatur dalam PP Nomor 38/2007. Penyusunan program/kegiatan sesuai dengan sasaran akhir prioritas pembangunan (pro growth, pro job, pro poor dan pro environment).
Kemudian, meningkatkan komunikasi dan publikasi untuk mengubah persepsi masyarakat bahwa pemerintah pada sasaran akhirnya bertujuan meningkatkan aktifitas perekonomian Kaltim. Memastikan program/kegiatan yang direncanakan memiliki dokumen perencanaan dan kesiapan lahan. Mensinergikan keberlangsungan dan ketercapaian target program/kegiatan antara provinsi dan kabupaten/kota.
Irianto mengungkapkan Pemprov Kaltim masuk nominasi  sebagai daerah penerima pengahargaan Pangripta Nusantara 2013 untuk kategori provinsi, sedangkan Pemkot Bontang untuk kategori kabupaten/kota. Pangpripta Nusantara merupakan penghargaan tertinggi atas perencanaan pembangunan berkualitas di daerah yang diberikan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas.
“Pada 2013, Anugerah Pangripta Nusantara akan diberikan kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk RKPD terbaik 2013. Kaltim bersama Bontang masuk nominasi untuk meraih penghargaan tersebut. Itu bukti perencanaan pembangunan kita mendapat apresiasi secara nasional,” ungkapnya.
Kepala Bappeda Kaltim Dr H Rusmadi, mengatakan perencanaan pembangunan berkualitas tetap menjadi prioritas Pemprov Kaltim dalam upaya mewujudkan pemerataan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
“Menjadi nominasi dalam Anugerah Pangripta Nusantara menjadi motivasi bagi kita, tetapi pada intinya penghargaan itu sendiri bermuara kepada upaya bagaimana program-program pemerintah yang nantinya berakhir melalui APBD berkualitas dan menjawab persoalan-persoalan pembangunan di daerah,” katanya.
Menurut dia, sangat penting keterkaitan dalam program-program prioritas pembangunan harus sesuai dengan RPJMD dan RPJPD. Sesuai tahapan yang telah dilalui, melalui Forum SKPD 2013 kemudian nanti dilanjutkan pada Musrenbang dengan jawaban apa yang menjadi prioritas pembangunan provinsi.
“Prioritas pembangunan tersebut harus kita jaga secara konsisten sehingga nanti menjadi Kebijakan Umum Anggaran (KUA), kemudian menjadi Perhitungan Plapon Anggaran Sementara (PPAS) dan berujung pada penetapan APBD yang berkualitas,” tambahnya. (her/hmsprov).

////Foto : H Irianto Lambrie

Berita Terkait