Peringatan Harganas XXV Tahun 2018, Kaltim Raih Banyak Prestasi Nasional

Gubernur Awang Faroek Ishak bersama Eli Kusnaeli di VVIP Lamin Etam. (yuvita/humasprov kaltim)

SAMARINDA - Dalam gelaran Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2018 di Manado Sulawesi Utara baru-baru ini, Kaltim sukses menorehkan berbagai prestasi di tingkat nasional. Prestasi nasional Benua Etam itu disampaikan Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim Dr H Eli Kusnaeli saat audiensi dengan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak di VVIP Lamin Etam, beberapa hari lalu.

Menurut dia, prestasi yang diraih Kaltim dalam bidang kependudukan dan KB tidak terlepas dari dukungan penuh dan upaya keras Gubernur Awang Faroek Ishak bersama bupati dan walikota di Kaltim. Prestasi yang diperoleh Kaltim antara lain Juara I Tingkat Nasional PIK jalur masyarakat diraih Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Barintak Kabupaten Berau. "Selain itu juara I tingkat nasional Bina Keluarga Lansia (BKL) diraih BKL Palapa Samarinda dan juara II nasional Praktek Bidan Mandiri diraih LGB II Masitah di Samarinda," katanya.

Kaltim juga meraih juara II nasional IMP dari Bontang dan juara III nasional MKJP diraih Puskesmas Muara Rapak serta juara Harapan I nasional Penyuluh KB (PLKB) PNS Balikpapan. 

Sementara itu, Pelaksana Terbaik Lingkungan Bersih Sehat (LBS) Kategori Kota dengan penghargaan Pakarti Madya III diraih Kelurahan Sindang Sari Kecamatan Sambutan Kota Samarinda. Juara Lomba Pelaksana Terbaik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Kategori Kota Pakarti Madya III diraih Kelurahan Brebas Tengah, Kecamatan Bontang Selatan, Kota Bontang.

Sedangkan Juara Harapan III Lomba Pelaksana Terbaik Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) tingkat Kabupaten diraih Posyandu Melati Jaya Kampung Pandan Sari Kecamatan Segah Kabupaten Berau. “Prestasi yang diraih itu menunjukkan Kaltim sudah berdayasaing dalam kegiatan kependudukan dan KB. Kami seluruh jajaran BKKBN apresiasi atas kinerja dan komitmen Gubernur Awang Faroek Ishak serta para kepala daerah di Kaltim,” puji Kusnaeli. 

Gelaran rutin tahunan BKKBN di Manado mengangkat tema Hari Keluarga, Hari Kita Semua dan mengusung pesan inti Cinta Keluarga, Cinta Terencana dan Harganas XXVI Tahun 2019 akan dilaksanakan di Kalimantan Selatan. 

Kegiatan dihadiri Menko Kesra Puan Maharani, Menteri PPPA Yohana Yembise, Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakhrulloh, Kepala Dearah se-Indonesia, Plt Kepala BKKBN Sigit Prihutomo, Kepala Dinas PPPA se-Indonesia, Kepala Perwakilan BKKBN se-Indonesia, PKK dan Dharma Wanita se-Indonesia serta organisasi terkait lainnya. (yans/sul/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation