Peringatan Hari Anak Nasional 2016


SAMARINDA – Peringatan Hari Anak Nasional menjadi momentum memenuhi hak dan melindungi anak. Utamanya, upaya maksimal dalam pencegahan dan pemberantasan berbagai bentuk kekerasan dan diskriminasi terhadap anak.

Harapan itu disampaikan Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak pada peringatan Hari Anak Nasional 2016 Tingkat Provinsi Kaltim di Halaman Parkir Stadion Madya Sempaja Samarinda, Sabtu (30/7).

Menurut dia, peringatan ini mampu memberikan dampak positif bagi tumbuhnya kepedulian, kesadaran dan peran aktif keluarga, masyarakat, dunia usaha dan pemerintah.

“Utamanya menciptakan lingkungan yang berkualitas untuk mewujudkan peningkatan perlindungan dan tumbuh kembang anak,” katanya.

Pada akhirnya ungkap Awang, akan terwujud anak-anak Kaltim yang sehat, cerdas, ceria, serta beraklak mulia.

Karenanya,  baik keluarga, masyarakat dan pemerintah termasuk dunia usaha mampu memberikan hak-hak anak dan mewujudkan lingkungan dan keluarga yang ramah anak.

Selain itu, Gubernur berharap agar aparat hukum memberikan sanksi yang berat bagi pelaku kekerasan terhadap anak.

Peringatan tahun ini mengangkat tema “Akhiri Kekerasan Terhadap Anak”, mengingat semakin meningkatnya tindak kekerasan terhadap anak mengakibatkan kecacatan maupun meninggal dunia.

“Saya setuju berikan sanksi berat bagi pelaku tindak kekerasan terhadap anak agar tidak ada lagi terjadi kasus-kasus kekerasan terhadap anak yang sekarang ini semakin meningkat,” tegas Awang Faroek.

Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Kaltim Hj Halda Arsyad mengatakan, dalam peringatan tahun ini pihaknya bersama instansi terkait menggelar berbagai lomba.

“Peringatan kali ini kami rangkai dengan Lomba Busana, Lomba Balita Sehat, Lomba Mading serta mengirinkan Forum Anak Kaltim pada Kongres Forum Anak Tingkat Nasional di Mataram,”

Tampak hadir Ketua TP-PKK Kaltim Hj Amelia Suharni Faroek dan Wakil Ketua Hj Sarminah Mukmin, Sekprov Kaltim H Rusmadi, Ketua GOPTKI Kaltim Hj Sherly Warsita Rusmadi, Wakil Walikota Samarinda H Nusyirwan Ismail serta Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Perpustakaan Kaltim. (yans/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation