Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIV 2017

Sekprov Rusmadi menyerahkan piagam kepada pemenang lomba Anugerah Kencana Tingkat Provinsi 2017. Bersama Kepala BKKBN RI Dr Surya Chandra Surapaty dan ibu-ibu peserta Harganas, Sekprov Rusmadi memberikan dukungan kampanye "Dua Anak Cukup". (seno/humasprov kaltim)

 

Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIV 2017, Rusmadi : Harmonisasi Keluarga Itu Komunikasi dan Interaksi

 

BALIKPAPAN - Selang dua minggu setelah Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIV Tahun 2017 Tingkat Nasional yang dipusatkan di Bandar Lampung, Provinsi Lampung (15/7) peringatan yang sama di tingkat Provinsi Kalimantan Timur dipusatkan di Gedung Balikpapan Sport dan Convention Center, Dome Balikpapan (1/8).

 

Harganas yang sedianya diperingati setiap 29 Juli ini, pada tahun ini mengangkat tema “Dengan Harganas Kita Bangun Karakter Bangsa Melalui Keluarga yang Berketahanan.” Peringatan Harganas tahun ini nampak meriah. Para undangan yang memenuhi Gedung Dome Balikpapan kompak mengenakan busana warisan asli Indonesia, kemeja dan baju batik. Acara kian meriah dengan pagelaran tari tradisional Indonesia.

 

Generasi muda yang tergabung dalam "Genre" (Generasi Berencana) binaan BKKBN silih berganti memeriahkan acara. Mereka menyatakan diri sebagai generasi remaja yang senantiasa memahami perilaku hidup sehat dan berakhlak untuk mencapai ketahanan remaja sebagai dasar mewujudkan generasi berencana.

 

Mewakili Gubernur Kalimantan Timur sekaligus membacakan pidato Gubernur Kaltim, Dr H Rusmadi MS, hadir bersama istri. Nampak hadir pula Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional RI Dr Surya Chandra Surapaty MPH. Dalam sambutan berdurasi sekitar dua puluh menit, Surya Chandra mengaitkan bonus demografi yang akan terjadi di Indonesia dan kesiapan putra-putri bangsa dengan membekalinya sebagai generasi muda yang berkualitas.

 

Tak ketinggalan hadir Pangdam VI Mulawarman, Wakil Ketua DPRD, Walikota Balikpapan, Ketua DPRD Kota Balikpapan, Wakil Walikota Balikpapan, Bupati dan Walikota se-Kaltim, Ketua BKKBN, FKPD dan Tim Penggerak PKK baik Provinsi Kalimantan Timur maupun Kabupaten/Kota. Hadir pula para para Camat,  Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Para Kader se-Kalimantan Timur.

 

Mewakili Gubernur, Rusmadi menjelaskan Pemprov Kaltim menaruh perhatian besar bagi pendidikan generasi muda bermartabat. Diharapkan momentum peringatan Harganas ini dapat membuka nurani keluarga dan masyarakat Indonesia untuk lebih memberikan perhatian terhadap peran dan fungsi masing-masing anggota keluarga, baik sebagai ayah, ibu ataupun sebagai anak dalam suasana komunikasi dan interaksi yang harmonis yang pada akhirnya akan memberikan ketahanan keluarga yang lebih baik.

 

"Kunci harmonisasi keluarga itu ada pada komunikasi dan interaksi semua komponen keluarga. Harmonisasi yang baik akan menciptakan ketahanan keluarga. Itulah yang kita harapkan," kata Rusmadi.

 

Dalam kesempatan ini Rusmadi menyerahkan piagam pemenang berbagai lomba Anugerah Kencana Tingkat Provinsi yang merupakan rangkaian kegiatan Harganas 2017 meliputi juara lomba PKB/PLKB, lomba IPM, lomba KB lestari, lomba penyuluh kader, lomba yel-yel, lomba kampung KB, lomba pelayanan KB MKJP kategori Puskesmas, lomba bidan praktek mandiri terbaik dalam pelayanan KB, lomba promosi dan konseling kesehatan reproduksi RS tipe C dan D, lomba BKB, lomba BKR, lomba BKL, lomba keluarga harmonis, lomba PIK  jalur pendidikan dan masyarakat dan lomba UPPKS.

 

Adapun tiga besar apresiasi penghargaan diberikan kepada kepala daerah yang dinilai berhasil  membentuk dan mencanangkan kampung KB di daerahnya. Penghargaan tersebut  diterima oleh Walikota Balikpapan, Bupati Kutai Timur dan Bupati PPU. Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Dr Surya Chandra Surapaty MPH. Pada puncak penghargaan, tuan rumah kota Balikpapan terpilih sebagai juara umum Harganas Tingkat Provinsi Kaltim Tahun 2017. (inni/sul/humasprov)

 

Berita Terkait