Peringatan Hari Pahlawan, Generasi Muda Harus Percaya Diri untuk Mandiri


 

SAMARINDA - Semangat perjuangan yang dicontohkan para pejuang diharapkan dapat memberikan motivasi kepada generasi muda agar semakin percaya diri untuk menjadi insan yang mandiri di berbagai bidang.  Semangat itu hendaknya tertanam dalam diri setiap generasi muda.

"Semakin tahun tantangan kita semakin berat. Namun demikian, bangsa Indonesia diyakini akan terus bangkit, terutama generasi muda akan mampu mewujudkan kesejahteraan rakyat di masa akan datang menuju bangsa yang besar. Generasi Kaltim harus punya percaya diri tinggi untuk menjadi generasi yang mandiri," kata Awang Faroek Ishak usai memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Bangsa, Jalan Pahlawan Samarinda, Kamis (10/11).

Demi mewujudkan kesejahteraan rakyat di masa akan datang, maka semangat persatuan perlu terus digalakkan. Begitu juga semangat gotong royong jangan pernah pudar. Generasi muda ke depan harus mengembalikan semangat perjuangan yang kini mengalami penurunan.

Awang mengajak rakyat khususnya generasi muda untuk bersatu dengan semangat Tri Sakti dan Nawa Cita bersama-sama pemerintah daerah mensejahterakan rakyat Indonesia, terkhusus Kaltim.

"Memang saat ini bangsa Indonesia menjalani tantangan yang sangat berat. Karena itu, generasi muda ke depan harus mampu bersaing dalam pengetahuan, sehingga mampu bersama pemerintah membangun bangsa dan Negara ini," jelasnya.

Membangun bangsa tidak hanya semangat, tetapi perlu kerja keras dengan  persatuan dan kesatuan bangsa. Awang menilai, ke depan investasi keterampilan dan material amat penting dibangun.

Meski demikian, terpenting lagi adalah investasi mental. Investasi keterampilan dan material tidak bisa menjadi dasar dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa tanpa didasari investasi mental.

"Karena itu, dengan mental yang kuat generasi kita tidak akan mudah diperbudak bangsa lain dan mampu berdiri sendiri menuju kemakmuran rakyat. Itulah jiwa patriotisme progresif yang harus dikobarkan saat ini dalam menghadapi tantangan dan persoalan masa mendatang," jelasnya.

Upacara peringatan Hari Pahlawan tersebut dihadiri Komandan Korem 091/ASN Brigjen TNI Makmur Umar, Kepala BNNP Kaltim Brigjen Pol Supyan Syarif, Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi, Kepala SKPD di lingkungan Pemprov Kaltim dan Anggota DPRD Kota Samarinda.  (jay/sul/es/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation