Peringatan Hari Perhubungan Nasional 2015

Wagub: Tingkatkan Kinerja

SAMARINDA- Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim HM Mukmin Faisyal HP meminta aparatur Dinas Perhubungan Kaltim maupun Kabupaten/Kota untuk terus meningkatkan kinerja sesuai bidang masing-masing. Hal ini diharapkan Mukmin usai upacara Peringatan Hari Perhubungan Nasional 2015 di Kaltim.

Menurut dia, dengan meningkatkan kinerja di masing-masing bidang, diharapkan pelayanan publik yang diberikan aparatur Dinas Perhubungan semakin baik dan berkualitas, sehingga penyelenggaraan program di Dinas Perhubungan juga semakin baik.

“Jajaran Dinas Perhubungan di Kaltim sudah melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sesuai petunjuk Menteri Perhubungan. Meski demikian, saat ini masih perlu adanya pembenahan di masing-masing bidang di lingkungan perhubungan, sehingga pelayanan publik yang berkenaan masalah perhubungan dapat berjalan dengan baik,” kata Mukmin Faisyal, Kamis (17/9).

Sesuai arahan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Mukmin berharap aparatur perhubungan di Kaltim ke depan harus mawasdiri dalam menjalankan kinerja. Sebagai aparatur pemerintah yang professional SDM perhubungan diharapkan dapat menciptakan komunikasi yang baik dengan seluruh stakeholder  dan mengevaluasi kinerja tahun sebelumnya, khususnya dalam pelayanan publik.

Hari Perhubungan hendaknya menjadi momentum untuk evaluasi kinerja yang telah dilakukan. Karena itu, penting bagi aparatur perhubungan konsentrasi meningkatkan pelayanan publik, terutama dalam membangun kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja di lingkungan perhubungan.

“Salah satu pelayanan publik yang diharapkan dapat ditingkatkan adalah penyelenggaraan pembangunan sarana dan prasarana dasar masyarakat, contohnya bandara maupun pelabuhan harus sesuai detail engineering design (DED),” jelasnya.

Perencanaan tersebut, lanjut dia, harus teliti dan selalu dimonitor, sehingga dapat dipertanggungjawabkan kepada publik. Karena, pelayanan publik yang diberikan tersebut berpengaruh terhadap alokasi anggaran yang diharapkan dapat dipertanggungjawabkan. Sehingga penyerapan anggaran dari pelayanan publik dapat terealisasi dengan tepat.

“Karena itu, ke depan setiap program yang dilaksanakan terutama berkenaan dengan pelayanan publik harus dievaluasi dan diaudit, karena kondisi ini berkenaan dengan alokasi anggaran yang dikeluarkan,” jelasnya.

Hal ini perlu dilakukan, sebagai bentuk transparansi dan reformasi birokrasi. Tindakan tersebut sebagai wujud menjalankan semangat revolusi mental yang digelorakan Presiden Joko Widodo, dengan tujuan pelayanan masyarakat dapat ditingkatkan pihak jajaran perhubungan di Kaltim.

Plh Kepala Dinas Perhubungan Kaltim Muhammad Rizali menyambut baik arahan Wagub Mukmin Faisyal, diharapkan semangat revolusi mental yang dibangun Presiden Joko Widodo dapat menjadi motivasi jajaran perhubungan Kaltim untuk meningkatkan kinerja di masing-masing bidang.

“Banyak program yang kini terus kami laksanakan, semoga dengan semangat Hari Perhubungan Nasional dan revolusi mental ini dapat menumbuhkan motivasi yang tinggi agar kualitas pelayanan publik di Kaltim, dibangun jajaran perhubungan semakin baik,” jelasnya.(jay/adv)

Berita Terkait