Peringatan Hari Perpustakaan Nasional


SAMARINDA – Kemarin atau tepatnya 17 Mei diperingati sebagai Hari Buku Nasional dan sekarang ditetapkan menjadi Hari Perpustakaan Nasional ke-36 Tahun 2016.

“Hari Buku atau Hari Perpustakaan ini diperingati dalam upaya meningkatkan minat dan gemar membaca masyarakat yang masih rendah,” kata Kepala Badan Perpustakaan Kaltim Hj Ardiningsih, Selasa (17/5).

Ditetapkan Hari Buku menjadi Hari Perpustakaan karena pada tanggal tersebut bertepatan dengan peringatan pendirian Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) di Jakarta pada 17 Mei 1980.

Penetapan Hari Perpustakaan Nasional diharapkan mampu memacu minat baca masyarakat Indonesia.  Sebab, di Indonesia rata-rata hanya 18 ribu judul buku yang dicetak setiap tahun.

Jumlah tersebut jauh berbeda dengan negara lainnya. Misalnya, Jepang dengan 40 ribu judul buku pertahun dan China mampu membuat 140 ribu judul pertahun.

Peringatan hari perpustakaan hendaknya menjadi momentum masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal perpustakaan dan meningkatkan minat baca. Menumbuhkan kecintaan terhadap membaca buku menjadi tantangan bagi setiap diri. Peringatan setiap tahun harus memberikan dampak positif dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya buku.

“Kami terus melakukan kreasi dan inovasi agar masyarakat lebih mudah berkunjung ke perpustakaan yang diharapkan berimbas pada peningkatan minat baca. Selain menyediakan buku-buku juga memberikan pelayanan melalui online,” ungkap Ardiningsih.(yans/es/humasprov

Berita Terkait
Government Public Relation