Peringatan HDI 2019. Serahkan Bansos Terencana dan Mobil Ambulance

SAMARINDA - Hari Disabilitas Internasional (HDI) diperingati setiap  Desember setiap tahunnya. Di Kalimantan Timur puncak peringatan HDI 2019 dilaksanakan pada Kamis (12/12/2019). 

 

Kegiatan dilaksanakan di Kantor Gubernur Kaltim dirangkai jalan sehat dan senam sehat di halaman Kantor Gubernur. Berlanjut acara peringatan HDI mengangkat tema "Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul" di ruang serbaguna Ruhui Rahayu. 

 

Gubernur Kaltim diwakili Kepala Dinas Sosial HM Agus Hari Kesuma menegaskan Kaltim dalam RPJMD 2018-2023 mengusung visi Berani untuk Kalimantan Timur Berdaulat. Dimana dalam salah satu misinya yaitu "Berdaulat dalam pembangunan sumber daya manusia yang berakhlak mulia dan berdaya saing, terutama perempuan, pemuda dan penyandang disabilitas". 

 

"Dalam misi tersebut mendukung implementasi UU No.8/2016 dan Perda Kaltim No.1/2018 tentang perlindungan dan pemenuhan hak disabilitas. Jadi tidak ada yang ditinggalkan dalam proses pembangunan," kata Agus Hari Kesuma menyampaikan sambutan Gubernur Kaltim. 

 

Pada kesempatan ini, Agus Hari Kesuma menyerahkan bantuan secara simbolis. Diantaranya bantuan sosial terencana kepada penyandang disabilitas, veteran dan janda veteran/pejuang. Bantuan mobil ambulans dari PT Wangi Sentosa kepada Komunitas Berbuat Saja (Kombes). Serta bantuan asistensi sosial penyandang disabilitas.

 

Selain itu, pembagian penghargaan kepada KPU Samarinda, Balikpapan dan Mahakam Ulu sebagai pelaksana pesta demokrasi yang telah memberikan kesempatan kepada penyandang disabilitas untuk terlibat dalam penyelenggaraan pesta demokrasi. 

 

Tampak hadir Staf Ahli Gubernur bidang Polhukkam AFF Sembiring, Ketua KPU Kaltim Rudiansyah, perwakilan Korem 091/ASN Polresta Samarinda, Ketua Persatusan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kaltim Ani Juhairiyah dan Kepala Bidang Rehabsos Muhammad Suhaedy selaku ketua panitia peringatan HDI 2019 Kaltim. (her/yans/humasprovkaltim).

Berita Terkait
Government Public Relation