Peringatan HUT ke-71 TNI


 

Mukmin: Tingkatkan  Profesionalisme TNI

BALIKPAPAN – Jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang kini telah berusia 71 tahun, harus mampu meningkatkan kekompakan dan profesionalisme prajurit untuk membangun dan menjaga keutuhan  Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Penegeasan itu disampaikan Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP usai menghadiri Peringtan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 TNI, yang dipusatkan di Makodam Mulawarman Balikpapan.

Menurut Mukmin, saat ini prajurit TNI sudah melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik, yakni menjaga keamanan dan ketertiban di seluruh wilayah Kaltim termasuk  di kawasan pedalaman dan perbatasan. Tidak hanya itu TNI juga berjasa membantu pemerintah dalam membangun jalan di wilayah pedalaman  dan perbatasan, yakni  di Kabupaten Mahakam Ulu.

"Apa yang telah dilakukan TNI untuk pembangunan bangsa khususnya di Kaltim sudah sangat bagus, karena itu TNI harus tetap kompak dan profesional dalam menjalan tugasnya," kata Mukmin

Terkait dengan kerjasama yang telah dilakukan dengan Pemprov Kaltim, baik pembuatan jalan di Kabupaten Mahakam Ulu maupun kerjasama perluasan dan diversifikasi luasan lahan pertanian juga harus tetap dilanjutkan, demi percepatan pembangunan infrastruktur jalan, guna memutus keterisolasian antar kabupaten, kecamatan dan desa maupun upaya mewujudkan swasembada pangan di Kaltim.

Sementara itu Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) VI Mulawarman  Mayor Jenderal TNI Johny L Tobing.  Mengatakan tema yang diangkat pada peringatan HUT ke-71 TNI adalah Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indoensia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian.

"Makna yang terkandung dalam hal tersebut adalah TNI tumbuh dan berjuang bersama rakyat, ini ciri yang tidak boleh pudar dan itu harus dikembangkan dan diserasikan dengan pola pikir masyarakat yang lebih modern, karena bersama rakyat TNI akan semakin kuat," kata  Johny L Tobing.(mar/es/humasprov) 

Berita Terkait