Peringati Hari Nusantara Nasional 2017, DKP Kaltim Gelar Berbagai Kegiatan

Gubernur Awang Faroek Ishak saat memanen ikan di Bontang beberapa waktu lalu. Hari Nusantara juga dirangkai dengan Hari Ikan Nasional 2017. (dok/humasprov kaltim)

 

SAMARINDA - Hari Nusantara merupakan perwujudan Deklarasi Djuanda yang dianggap sebagai Deklarasi Kemerdekaan Indonesia kedua. Melalui deklarasi tersebut, Indonesia merajut dan mempersatukan kembali wilayah dan lautannya yang luas, menyatu menjadi kesatuan yang utuh dan berdaulat. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kaltim Ir Nursigit mengatakan Hari Nusantara yang diperingati setiap 13 Desember itu mengingatkan kembali bahwa Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang patut dihargai. Memperingati Hari Nusantara tahun ini, DKP Kaltim akan melaksanakan berbagai kegiatan.

 

Diantara kegiatan yang akan dilakukan adalah memberikan apresiasi dan penghargaan kepada 12 sosok berprestasi di bidang  pelestarian mangrove dan terumbu karang, tokoh penggerak pembangunan perikanan tangkap, pengelola pangkalan pendaratan ikan terbaik, pengelola amplang terbaik dan kelompok budidaya ikan terbaik. "Selain itu, kita juga akan memberikan kepada unit pembenihan rakyat terbaik, pembenihan (hatchery)  skala rumah tangga terbaik, termasuk  kelompok pembudidaya keramba terbaik, kelompok masyarakat pengawas serta eksportir udang terbaik," kata Nursigit, Senin (27/11).

 

Ditambahkan, pemberian penghargaan kepada 12 orang yang berprestasi tersebut sebelumnya melalui seleksi dengan beberapa kriteria yang sudah ditentukan, sehingga mereka yang terpilih memang layak diberikan apresiasi dan penghargaan atas prestasi, pengabdian dan jasanya dalam pengembangan  berbagai bidang program pada DKP Kaltim. "Insyaallah, penyerahan penghargaan tersebut rencananya akan dilaksanakan pada saat peringatan Hari Nusantara 2017 yang akan gelar di halaman Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (13/12)," ujarnya.

 

Selain itu, lanjut Nursigit kegiatan lainnya yang akan dilaksanakaan adalah pasar murah/bazar dengan mengundang semua mitra kerja DKP yang bergerak di bidang interprenership dan  dunia usaha untuk memeriahkan Hari Nusantara Nasional 2017. "Kegitan pasar murah atau bazar akan digelar pada Minggu pertama Desember mendatang, sebagai upaya memeriahkan Hari Nusantara Nasional. Pasar murah digelar di halaman DKP,  sekaligus dirangkai dengan Hari Ikan Nasional (Harkanas) yang baru saja diselenggarakan pada  21 November lalu," papar Nursigit. (mar/sul/ri/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation