Peringati HKN, Dinkes Laksanakan Berbagai Kegiatan

SAMARINDA- Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 tahun 2018, Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim melaksanakan berbagai kegiatan, seperti lomba cabang olaharaga di internal Dinkes, merangkai buah-buahan, lomba nasi tumpeng dan lain sebagainya. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim dr Hj Rini Retno Sukes mengatakan kegiatan lainnya lomba olahraga di Halaman Kantor Gubernur Kaltim pada 12 November mendatang.

"Namun sehari sebelumnya tepatnya 11 November kita akan melaksanakan jalan sehat dan bazar Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang akan dipusatkan di Halaman kantor Dinas kesehatan Kaltim," kata Rini Retno Sukesi akhr pekan lalu.

Rini menambahkan, peringatan HKN yang diperingati tiap November setiap tahunnya, menjadi momentum untuk menggaungkan Germas bagi semua komponen bangsa di seluruh Indonesia agar dapat melakukan perilaku hidup sehat untuk mencegah berbagai ancaman penyakit, tidak terkecuali di Provinsi Kaltim. Dengan peringatan HKN tahun ini, kita mengharapkan agar masyaraka dapat berperilaku hidup sehat secara terus menerus dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Peringatan HKN ke-53 tahun ini, lanjut Rini  menekankan pada pentingnya peran keluarga dalam pembangunan kesehatan. Lingkungan keluarga memberikan dasar bagi seseorang untuk memiliki kebiasaan, perilaku dan gaya hidup yang sehat. karena itu, upaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat adalah dimulai dari lingkungan keluarga. Karena keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang menjadi inti pembangunan kesehatan sesuai dengan UU Kesehatan Nomor 36 tahun 2009. "Kita mengajak masyarakat untuk hidup sehat, mulai dari kita merupakan slogan yang harus kita gaungkan dan laksanakan sebagai insan kesehatan. maka dari itu  Kita  menghimbau masyarakat agar membiasakan diri mengonsumsi beragam sayur dan buah nusantara. Makan sayur dan buah merupakan salah satu upaya perilaku hidup sehat yang saat ini kita galakkan dalam Germas," pesan Rini Retno Sukesi.(mar/ri/humasprov kaltim)

Berita Terkait