Perjuangan Otsus Kaltim Juga Menuntut Pelimpahan Kewenangan

Perjuangan Otsus Kaltim Juga Menuntut Pelimpahan Kewenangan

 

SAMARINDA - Tuntutan  otonomi khusus (otsus) yang diajukan rakyat Kaltim, bukan hanya soal kesenjangan dan ketidakadilan  terhadap perimbangan keuangan, tetapi juga terkait pelimpahan kewenangan dari pemerintah pusat kepada  daerah.

"Banyak kewenangan yang sewajarnya ada di provinsi,  tetapi masih dipertahankan  pusat. Padahal berkaitan kebutuhan daerah ini akan memperlambat percepatan pembangunan karena harus menunggu terbitnya surat ijin dari pusat," kata Gubernur Kaltim, Awang  Faroek Ishak usai memimpin rapat koordinasi dengan seluruh kepala SKPD di lingkup Pemprov Kaltim, Senin (2/2) di Ruang Tepian I Kantor Pemprov Kaltim.

Dikatakan, Kaltim sebagai lumbung energi, tetapi sempai sekarang listriknya masih byaer pet. Selain itu masih banyak masyarakat  yang mendapat giliran pemadaman, sehingga masalah listrik harus segera dituntaskan.

Misalnya, investor  yang ingin  membangun pembangkit listrik (power plan), seharusnya pusat tidak menpersulit perijinannya. Ijin ini harusnya diserahkan ke daerah, karena daerah pun bisa mengerjakan.

"Banyak orang  mau membangun power plan, tetapi urusannya harus di pusat dan itu memakan waktu yang cukup lama, bisa sampai lima tahun baru bisa membangun," sindir Awang Faroek.  

Menurut Awang, perijinan investasi harus dipermudah, bukan justru dipersulit seperti sekarang ini. Sehingga jika ada investor  yang ingin membangun, gubernur bisa cepat melakukan proses perijinan secepatnya.

"Yang kita tuntut itu bukan hanya keadilan pusat soal duit, tetapi kewenangan  yang berkaitan perijinan  dalam percepatan   pelaksanaan pembangunan daerah. Pusat hendaknya bisa menyerahkan kewenangan perijinan itu  ke daerah," tegas Awang. (mar/sul/es/hmsprov).

///FOTO : Gubernur Awang Faroek Ishak menyampaikan arahan saat mengahadiri acara Tembang Kenangan dan Parade Puisi Otonomi Khusus di Studio 3 RRI Samarinda.(masdiansyah/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation