Perkebunan Berhasil Dapat Penghargaan

SAMARINDA -  Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Perkebunan (Disbun) akan memberikan penghargaan kepada kabupaten/kota yang dinilai berperan dalam pembangunan perkebunan di wilayah Kaltim dan Kaltara.
“Panji keberhasilan pembangunan bidang perkebunan ini akan diberikan kepada kabupaten dan kota di Kaltim dan Kaltara yang berperan dan mendukung pembangunan perkebunan di wilayah ini,” ujar Kepala Disbun Kaltim Hj Etnawati, pekan lalu.
Aspek  penilaian yang diberikan tim Disbun  mencakup capaian luas dan produksi terhadap lima komoditi unggulan perkebunan Kaltim yaitu kelapa sawit, karet, lada, kakao dan kelapa dalam.
Khusus komoditi kelapa sawit juga diberikan penilaian atau presentasi terhadap kegiatan plasma atau pembangunan kebun masyarakat berupa kebun kemitraan maupun swadaya termasuk kapasitas dan  jumlah pabrik kelapa sawit. Selain itu, dukungan APBD kabupaten/kota dalam mendukung pembangunan perkebunan menjadi salah satu indikator penilaian.
“Penghargaan tahunan ini diberikan bagi pihak yang berprestasi dan memotivasi pengembangan/pembangunan perkebunan berkelanjutan,” ungkap Etnawati. Saat ini hasil penilaian terhadap kabupaten dan kota diserahkan kepada Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kaltim selaku koordinator dan penghargaan diserahkankan pada Hari Ulang Tahun Provinsi Kaltim ke-57 pada 9 Januari 2014.(yans/hmsprov)
 

Berita Terkait
Government Public Relation