Perkemahan Wirakarya dan Dihadiri Menpora

 HUT Gerakan Pramuka ke-53 di Kutim

SAMARINDA – Penyelenggaraan hari ulang tahun (HUT) Gerakan Pramuka ke-53 tingkat provinsi Kaltim akan digelar di Kabupaten Kutai Timur. Kegiatan dirangkai Perkemahan Wirakarya (PW) Daerah serta pendidikan dan pelatihan (Diklat) Karang Pamitran Daerah.

Gelaran rutin tahunan tingkat provinsi ini yang akan dilaksanakan pada 3-8 September mendatang dipusatkan di Halaman Kantor Bupati Kutai Timur Komplek Perkantoran Bukit Pelangi akan dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo.

Menurut Wakil Ketua Kwartir daerah Pramuka Kaltim Dr H Sigit Muryono yang juga Ketua Panitia  Pelaksana HUT Gerakan Pramuka tahun 2014 menyebutkan perhelatan akbar dan PWD serta diklat kepramukaan diikuti seluruh kwartir cabang (kwarcab) di Kaltim dan Kaltara.

“Kami selaku penitia tingkat provinsi telah melakukan konsultasi sekaligus meninjau kesiapan kabupaten dan kwarcab Kutim dalam menggelar tiga even besar tingkat provinsi baik HUT Pramuka, PW Daerah serta Karang Pamitran Daerah,” ujar Sigit, Kamis (10/7).

Dijelaskan Sigit khusus lokasi untuk kegiatan PW Daerah yang tidak kurang diikuti 1.000 peserta dari pramuka penegak dan pandega dari 10 kabupaten dan kota se-Kaltim dipusatkan di Bumi Perkemahan Pertamina Sangkimah.

Pembukaan akan digelar pada Rabu (3/9) diikuti 3.000 peserta dihadiri Menpora Roy Suryo dan ketua majelis pembimbing daerah yakni Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak dan jajaran Mapida serta  ketua majelis pembimbing cabang dan ketua kwarcab.

Sigit mengakui pelaksanaan  HUT dan rangkaiannya rencana awal akan digelar pada 14-19 Agustus. “Karena bertepatan dengan pelantikan anggota legislatif di beberapa daerah di Kaltim serta pelaksanaan HUT Kemerdekaan maka dimundurkan pada September,” ujarnya.

Selain itu, pusat kegiatan perkemahan wirakarya dari empat lokasi. Setelah dilakukan peninjauan lokasi maka ditentukan pilihan di Kompleks Pertamina operasi produksi EP Sangatta di Kecamatan Sangkimah sekaligus tempat penutupan kegiatan perkemahan.

Kegiatan mengambil tema Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan dirangkai dengan penanaman pohon sebagai dukungan gerakan Kaltim Green dan bhakti sosial berupa pengecetan jembatan kembar Sangatta dan perbaikan tempat ibadah serta pembuatan tempat sampah.

Pertemuan panitia HUT Gerakan Pramuka ke-53 diterima langsung Wakil Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman dan Sekkab Kutim H Ismunandar. Ikut hadir wakil ketua pelaksana tingkat provinsi H Ibrahim dan Kadisporapar serta kwarcab Kutim.(yans/hmsprov)

 

//Foto: Sigit Muryono

Berita Terkait
Government Public Relation