Perlu Lebih Gencar Promosikan Potensi Wisata Kaltim
BALIKPAPAN - Pemprov Kaltim bersama kabupaten/kota yang memiliki potensi wisata perlu lebih gencar melakukan promosi, sehingga mampu mengenalkan daerah ini baik dalam skala nasional maupun internasional.
“Hendaknya promosi tersebut dibalut dalam satu kesatuan, di mana Kaltim sebagai bagian dari Indonesia yang menjual berbagai potensi yang letaknya berada di sejumlah kabupaten/kota, sehingga tidak terkesan sendiri-sendiri antara kabupaten/kota,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi  Kreatif Mari Elka Pangestu, di hadapan wartawan di sela-sela menghadiri Kaltim Summit 2013, di Balikpapan, Selasa (30/7).
Dia mengatakan, potensi wisata Kaltim sangat besar dan bila digarap dengan baik, dipastikan mampu memberikan dampak signifikan bagi pendapatan daerah, sehingga perlu dilakukan promosi yang lebih baik, seiring dengan sinergi antara kabupaten/kota yang dikoordinir provinsi.
Secara jujur Mari mengakui promosi yang dilakukan sejumlah kabupaten/kota di Kaltim saat ini belum padu dan terkesan jalan sendiri-sendiri, sehingga tidak heran jika sampai kini baru beberapa daerah yang dikenal memiliki kawasan wisata, baik secara nasional dan internasional.
“Karena itu, saya minta perlu dilakukan upaya bersama dengan membawa nama Kaltim sebagai bagian dari Indonesia untuk mempromosikan potensi wisata di sejumlah kabupaten/kota untuk mendorong peningkatan jumlah kunjungan wisata,” ujarnya.
Sementara itu, Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak mengakui berbagai potensi pariwisata di daerah ini perlu promosi yang lebih gencar dan itu merupakan salah agenda yang menjadi pemikiran Kaltim ke depan.
Salah satunya dengan digelarnya Festival Derawan sebagai ajang pemanasan digelarnya Sial Derawan yang tentunya akan dikunjungi oleh banyak wisatawan mancanegara, sebagai upaya memperkenalkan berbagi potensi wisata di daerah ini.
Dunia pariwisata Kaltim merupakan salah satu penopang ekonomi utama, pasca habisnya cadangan Migas dan batu bara, sehingga perlu digarap sejak sekarang, termasuk dalam kelengkapan sarana dan prasarana pendukung berupa infrastruktur dan akomodasi bagi pelancong.
Guna mendukung sumber daya manusia bidang pariwisata, telah berdiri sejumlah sekolah menengah kejuruan bidang kepariwisataan dan tentu untuk selanjutnya akan didorong berdirinya sekolah tingggi kepariwisataan di masa detang.
“Tentunya kita akan mendorong, berdirinya sekolah tinggi jurusan kepariwsiataan untuk mendukung pertumbunhan dunia pariwisata Kaltim yang kian membaik dan maju di masa depan,” kata Awang Faroek.
Dalam kesempatan itu, Awang juga minta dukungan jajaran swata untuk membangun kegiatan kepariwsiataan di sejumlah daerah dengan memanfaatkan potensi yang telah ada. Kaltim memiliki beragam potensi, antara lain wisata alam dan  budaya yang perlu penggarapan lebih baik.
Pemerintah, kata Awang akan mendukung dengan penyediaan sarana dan prasarana berupa infrastruktur dan selanjutnya jajaran swasta membangun sarana akomodasi, bekerja sama dengan masayarakat sehingga terbangun dunia usaha kepariwisataan yang pro rakyat.(timhumas/hmsprov)
 
Berita Terkait