Perlu Sinergitas dan Konektivitas Informasi tentang Potensi Investasi


SAMARINDA – Percepatan  pembangunan di Kalimantan dibutuhkan sinergitas yang baik dan intens antar masing-masing daerah. Karena itu, perlu dibangun konektivitas informasi tentang potensi dan peluang investasi lintas provinsi yang bisa ditawarkan kepada pemilik modal atau investor.

“Melalui forum ini ini mari kita satukan gerak dan langkah dengan tujuan sama demi kemajuan investasi Kalimantan,” kata Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setprov Kaltim H Ichwansyah pada Borneo Investment Forum 2016 di Samarinda, Senin (11/4).

Menurut dia, keberhasilan satu daerah untuk menarik investasi dan mengembangkan potensi usaha di wilayah masing-masing akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat. Dia mengaku Pemprov Kaltim berupaya keras melakukan revitalisasi pada semua bidang usaha untuk mempercepat laju pertumbuhan ekonomi daerah.

Terutama yang berkaitan dengan sektor pertanian dan menumbuhkembangkan pelaku UKM, IKM dan koperasi serta menciptakan wirausahawan baru dengan dukungan kegiatan corporate social responsibility (CSR).

Bagi pemerintah lanjutnya, pertumbuhan ekonomi ditandai dengan meningkatnya penanaman investasi baik yang berasal dari dalam negeri maupun investor asing serta berkembangnya sektor UMKM.

Selain itu, Kaltim memiliki aneka ragam potensi dan sumber daya alam yang sangat besar,  baik hasil hutan, tambang dan Migas (minyak dan gas bumi). “Potensi alam tersebut selama ini sebagian telah dikelola dan menghasilkan devisa sangat besar bagi negara,” jelasnya.

Sementara itu, potensi di sektor agribisnis, perkebunan, peternakan, perikanan dan kelautan masih belum optimal dikelola. Begitu pula, potensi lain, yakni sektor perdagangan, jasa maupun pariwisata.

“Sesuai dengan Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011-2025 dan ditetapkannya Kalimantan sebagai koridor ekonomi nasional. Kaltim saat ini tengah giat-giatnya menyelesaikan berbagai proyek pembangunan,” ungkapnya.

Borneo Investment Forum 2016 mengangkat tema Meningkatkan Penyebaran Informasi Potensi Melalui Kegiatan Promosi Dalam Menarik Investasi. Kegiatan ini dihadiri Kepala BKPMD Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat dan Kepala BPMDPT Kalimantan Utara serta Kaltim.(yans/es/hmsprov).

Berita Terkait