Perpusda Gelar Pemilihan Duta Baca Daerah

Aswin (duduk tengah) bersama finalis Duta Baca Daerah Provinsi Kaltim 2018.(ist)

SAMARINDA - Terhitung 24 finalis dari 44 peserta terseleksi mengikuti pemilihan Duta Baca Daerah tingkat provinsi yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kaltim.

Menurut Kepala DPK Kaltim HM Aswin, pemilihan Duta Baca Daerah guna memacu pengembangan budaya membaca di masyarakat agar terbentuk sumber daya manusia yang berkualitas, andal dan profesional. "Kita akui hingga saat ini minat baca masyarakat masih rendah dan  pemilihan Duta Baca ini diharapkan mampu memacu dan memotivasi pembudayaan kegemaran membaca dalam masyarakat," kata Aswin di Aula Balai Pustaka BPK Kaltim, Kamis (23/8).

Kondisi rendahnya budaya membaca dalam masyarakat lanjutnya, menjadi tantangan berat bagi pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan termasuk sektor pendidikan. Padahal ungkapnya, pemerintah untuk mendukung percepatan dan pengembangan pembudayaan kegemaran membaca telah intensif melaksanakan berbagai kegiatan termasuk alokasi dana besar untuk pengadaan buku dan media bacaan lainnya serta pembangunan saran pendidikan seperti perpustakaan.

"Saya sangat berharap melalui para Duta Baca ini mampu menumbuhkembangkan kegemaran dan budaya membaca di lingkup keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat. Mereka harus menjadi model kecerdasan bagi masyarakatnya," harap Aswin.

Sementara itu Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Hj Mustika Wati menyebutkan pemilihan Duta Baca Daerah diikuti 44 peserta terseleksi 24 orang dari lima kabupaten dan kota Samarinda, Bontang, Balikpapan, Kutai Kartanegara dan Kutai Timur.

"Selanjutnya peserta atau finalis Duta Baca yang terdiri pelajar, mahasiswa dan umum dengan usia 17-30 tahun akan mengikuti rangkaian seleksi untuk mencari 10 besar terbaik," ujarnya.

Pemilihan Duta Baca diikuti 24 peserta terdiri  lima peserta laki-laki dan perempuan 19 orang. Kegiatan selama tiga hari (23-25 Agustus) didukung Bankaltimtara, Telkomsel, Plaza Mulia Mall Samarinda dan Suryaphone. (yans/sul/ri/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation