Perpustakaan Berperan Tingkatkan Masyarakat Sadar Informasi

SAMARINDA–Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi diiringi dengan ledakan informasi dan pergeseran peradaban masyakat mengharuskan perpustakaan dikelola secara profesional sehingga terbentuk masyarakat sadar informasi.
“Gubernur Awang Faroek sudah mencanangkan Kaltim sebagai Provinsi Gemar Membaca, maka perpustakaan berperan memotivasi serta memberikan pelayanan maksimal guna terbentuknya masyarakat sadar informasi,” kata Kepala Badan Perpustakaan Kaltim Hj Sri Sulasmi Retno Wijayanti, Selasa (20/8).
Menurut dia, perpustakaan sebagai aktor yang berperan dalam pengumpulan, pengolahan dan pendistribusian informasi harus mampu menguasai teknologi informasi. Sehingga, teknologi informasi yang disampaikan memotivasi terciptanya masyarakat informasi.
Dijelaskan, perpustakaan dengan fasilitas teknologi informasi akan mampu memberikan pelayanan bagi masyarakat untuk mengakses informasi luas di belahan dunia dengan cepat, mudah serta akurat.
“Kondisi itu menuntut agar perpustakaan mampu memberikan layanan berbasis teknologi informasi. Namun, terpenting perlu diupayakan peningkatan kompetensi pengelola perpustakaan khususnya melalui pendidikan dan pelatihan teknologi informasi,” ujarnya.
Ditambahkan, guna terciptanya pengelola perpustakaan kabupaten/kota yang memahami pelayanan menggunakan fasilitas teknologi informasi, maka perpustakaan provinsi secara rutin memberikan pembekalan berupa diklat perpustakan berbasis teknologi informasi.
Untuk membantu para pengelola perpustakaan tersebut, tahun ini Badan Perpustakaan Kaltim menggelar diklat perpustakaan berbasis teknologi informasi satu angkatan bagi 35 pengelola perpustakaan kabupaten/kota. Kegiatan ini digelar selama tiga hari, 20-22 Agustus dengan pola 34 jam. (yans/hmsprov)
 

Berita Terkait