Perpustakaan dan Kearsipan Penting Bagi Masyarakat

Gubernur Isran bersama peserta Rakornis Perpustakaan dan Kearsipan. (arifmurtadha/humasprovkaltim)

BALIKPAPAN - Penataan perpustakaan dan kearsipan yang profesional sangat penting bagi masyarakat. Perpustakaan dan arsip yang baik akan mendukung kerja aparatur pemerintah dan masyarakat, terutama untuk mengetahui apa yang belum diketahui masyarakat.

Banyak yang beranggapan, bahwa tenaga pustakawan maupun arsiparis yang melaksanakan tugas pengelolaan perpustakaan dan arsip adalah pekerjaan yang tidak penting. Tetapi, menurut Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor, dua pekerjaan itu sangat penting.

Dengan penataan dan pengelolaan perpustakaan dan kearsipan yang baik dan profesional, berbagai informasi yang diinginkan masyarakat akan lebih mudah diketahui. Misalnya, sejarah perjuangan bangsa ini maupun daerah ini. Karena itu diperlukan literatur yang baik.

“Karena itu, keberadaan perpustakaan dan kearsipan yang dikelola para pustakawan dan arsiparis ini menjadi sangat penting," kata Isran Noor usai membuka Rapat Koordinasi Teknis Bidang Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim 2019 di Balikpapan, Selasa (19/2/2019).

Penataan dan pengelolaan perpustakaan dan kearsipan penting dibangun dengan baik. Apalagi di era digital saat ini, tentu masyarakat ingin cepat mengakses informasi.

Informasi yang tepat, tentu akan membantu masyarakat untuk mengetahui apa yang harus dilakukan dan dipahami, mulai sejarah, ekonomi, pendidikan hingga politik dan agama.

"Jadi, perpustakaan dan kearsipan sangat penting dibangun. Termasuk bagaimana memahami sifat dan prilaku pelaku-pelaku sejarah masa lalu harus diketahui masyarakat. Contoh, zaman Presiden Soeharto sukanya apa dan Presiden Soekarno hobbynya apa. Tentu, semua itu dapat diketahui melalui perpustakaan dan kearsipan yang baik," jelasnya. (jay/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait