Persiapan Kontingen PON Kaltim

Gubernur Kaltim: Harus Kompak untuk Lima Besar PON XIX

SAMARINDA - Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak meminta kepada seluruh atlet dan pelatih serta seluruh pihak pemangku kepentingan dengan dunia olahraga di daerah ini, terus bersatu dan kompak dalam mencapai prestasi gemilang pada PON XIX 2016 di Jawa Barat.

"Dimulai dari olahraga kita tingkatkan persatuan dan kesatuan. Kita harus kompak termasuk pemangku kepentingan di Kaltim. Semua harus bertekad sama, yakni  menyukseskan target lima besar di Jawa Barat," kata Awang Faroek usai menyerahkan bonus kepada atlet dan pelatih yang berhasil meraih medali saat babak kualifikasi PON XIX.

Menurut Awang, kebutuhan anggaran untuk sukses PON XIX di Jawa Barat telah didukung DPRD Kaltim. Karena itu Awang meminta kepada KONI Kaltim untuk mengelola anggaran dengan baik, transparan dan terbuka serta dapat dipertanggungjawabkan.

"DPRD Kaltim dan Pemprov Kaltim sudah siap memenuhi anggaran yang diajukan oleh KONI untuk menyukseskan PON XIX. Jadi, sudah tidak ada masalah lagi," katanya.

Mengenai anggaran bonus rumah untuk atlet yang berprestasi, Awang mengatakan anggaran tersebut memerlukan dana yang cukup besar. Namun, Pemprov Kaltim akan memperjuangkan agar bonus rumah itu dapat terealisasi.

"Yang terpenting kita sukseskan PON XIX terlebih dulu. Rumah akan terus kita perjuangkan. Saya yakin Kaltim mampu memberikan bonus rumah. Tapi, secara bertahap dan tidak sekaligus karena masih ada pembangunan lainnya yang harus diselesaikan terlebih dulu," katanya.

Sebelumnya, Pemprov Kaltim telah memberikan bonus kepada atlet dan pelatih yang berhasil medali pada babak kualifikasi PON XIX dan peraih medali pada Sea Games 2015 di Singapura. Sedangkan kualifikasi PON XIX, Kaltim meraih 234 medali yang terdiri atas 75 emas, 78 perak dan 81 perunggu dengan Bonus yang diberikan kepada atlet masing-masing untuk peraih medali emas Rp15 juta, perak Rp7,5 juta dan perunggu Rp5 juta.

Sedangkan untuk bonus Sea Games diberikan dengan nilai bonus masing-masing peraih medali emas Rp35 juta, perak Rp17,7 juta dan perunggu Rp8,75 juta dalam Sea Games yang diikuti 17 Atlet asal Kaltim telah meraih medali masing-masing yakni 5 emas, 3 perak dan 6 perunggu.

Bonus diberikan agar atlet dan pelatih menjadi termotivasi untuk meraih medali pada PON XIX 2016 di Jawa Barat. Selain itu, posisi lima besar yang merupakan target Kaltim akan terwujud. (rus/sul/es/humasprov).

///FOTO : Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak menyerahkan bonus kepada atlet Kaltim yang berhasil meraih medali pada Pra PON XIX.(johan/humasprov)

 

Berita Terkait