Persiapan Proses Penerimaan CPNS

Persiapan Proses Penerimaan CPNS (rian/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltim secara khusus melakukan jumpa pers kepada seluruh media di Benua Etam. 

Bahwa Pemprov Kaltim mendapat jatah formasi 368 CPNS. Terdiri tenaga pendidik 252 orang, tenaga kesehatan 71 orang dan tenaga teknis 45 orang.

"Pendaftaran CPNS sudah dibuka sejak 12 hingga 28 November," Kepala BKD Kaltim Hj Ardiningsih di Kantor BKD Kaltim, Jalan M Yamin Samarinda, Sabtu (23/11/2019). Didampingi Sekretaris Nina Dewi, Kabid Mutasi Kustiningsih, Kabag Kehumasan Biro Humas Setprov Kaltim Andik Riyanto dan Kasubbag Publikasi Biro Humas Inni Indarpuri.

Hingga saat ini pendaftar online sudah mencapai 4.833. Berkas masuk 1.344.."Hingga sore ini masih menerima berkas dokumen pendaftaran yang dikirim melalui Kantor Pos," jelanya. 

Menurut Ardiningsih, di lingkup Pemprov Kaltim juga menerima yang statusnya disabilitas sembilan formasi dan cumlaude enam formasi. Karena sesuai amanat undang-undang. "Sampai saat ini Pemprov masih membuka penerimaan CPNS," jelasnya.

Ardiningsih mempersilahkan media untuk melihat bagaimana Tim BKD menerima berkas hingga merekap sampai tuntas. Selanjutnya, diserahkan ke pusat (BKN) untuk memverifikasi dan menerbitkan nomor peserta.

Setelah lolos verifikasi, peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang dilaksanakan Februari 2020. Pengumuman hasil disampaikan pada Maret. SKD menggunakan metode tes dibantu komputer (Computer Assisted Tes/CAT).

SKD dilaksanakan panitia mengikuti Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ditetapkan Panitia Seleksi Nasional. Kelulusan SKD ditetapkan Panitia Seleksi Pemprov Kaltim.

Selanjutnya, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada Maret 2020 dan pengumuman hasil akhir disampaikan pada April. SKB diikuti peserta yang lulus SKD.(jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait