Persiapkan Generasi Berkualitas Sejak Usia Emas

Persiapkan Generasi Berkualitas Sejak Usia Emas

SAMARINDA - Plt  Kepala  Perwakilan BKKBN Kaltim Yanrizal Makmur mengungkapkan salah satu upaya  mempersiapkan generasi atau Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas  perlu dilakukan sejak usia emas dengan memenuhi kehidupan dasar anak.

“Pembangunan SDM merupakan proses jangka panjang , jadi  dimulai sejak dini bahkan sejak anak dalam kandungan,” kata Yenrizal Makmur  saat membuka Training Of  Trainer (TOT)  BIna Keluarga Balita (BKB) Holistik Integratif di Samarinda, Kamis (6/3).

Ia mengatakan sejak dalam kandungan proses pertumbuhan anak sedang berlangsung , sehingga diperlukan asupan gizi yang cukup.  Selama dalam kandungan terjadi pembentukan sel syaraf terjadi setiap saat, per menit tumbuh 250 ribu sel syaraf baru.

Menurut dia, dalam lima tahun pertama kehidupan anak merupakan periode  emas  tumbuh kembang anak yang perlu diletakan dasar-dasar  yang menentukan kualitas anak sepanjang hidupnya.  Pada masa-masa itu diperlukan pemenuhan gizi, pemeliharaan kesehatan, pendidikan, pengasuhan dan perlindungan.

Salah satu upaya pemenuhan kebutuhan dasar itu, maka pemerintah melakukan program terintegrasi  seperti pembentukan pos pelayanan terpadu (posyandu), Bina Keluarga Balita  (BKB) , TPA, kelompok bermain, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang pelayanan dilaksanakan secara Holsitik Integratif.

Lanjut Yanrizal guna melaksanakan program-program tersebut diperlukan   wawasan dan keterampil an bagi pengelola dan penyelenggara  BKB terpadu  melalui pelatihan-pelatihan yang digelar oleh BKKBN Kaltim  seperti  TOT bagi Pelatih BKB yang diikuti  dari  13 kabupaten / kota se Kaltim dan Kaltara.

“Diharapkan dari pelatihan  bagi pelatih ini, nantinya terus  dilaksanakan  hingga ke lapisan bawah  di kabupaten/kota  masing-masinga  dengan melibatkan para ibu-ibu yang memiliki Balita , ikut dalam Posyandu, Paud dan BKB,” harap Yenrizal Makmur.

Sementara itu  Esty Yohana salah seorang dari tim Penggerak PKK Kabupaten Malinau  berharap dengan adanya pelatihan ini, akan menambah pengetahuan  tentang tumbuh kembang anak, yang nantinya akan ditularkan kepada para  ibu-ibu yang memiliki Balita di Kabupaten Malinau.

“Pembekalan pengetahuan  dari BKKBN Kaltim  ini  sangat bermanfaat  yang meupakan bagian dari program Kependudukan dan KB,  dalam rangka mempersiapkan  keluarga berkualitas,” harap Esty Yohana.(yans/sul/hmsprov)

// Foto: Peserta TOT Tenaga Pelatih BKB Holistik Integratif.(masdiansyah/humasprov kaltim)

Berita Terkait