Pertahankan Status Rumah Sakit Tipe A

RSJD-AHM Gelar Workshop Akreditasi KARS 2012

 

SAMARINDA-Rumah Sakit Jiwa Daerah Atma Husada Mahakam (RSJD-AHM) merupakan salah satu rumah sakit milik Pemprov Kaltim yang memiliki visi mewujudkan pusat pelayanan kesehatan jiwa yang profesional di Kaltim. Dari tahun ke tahun RSJD-AHM terus berbenah untuk mewujudkan visi tersebut.

Direktur RSJD-AHM Hj Padilah Mante Runa, mengungkapkan salah satu langkah yang ditempuh adalah dengan meraih akreditasi rumah sakit sesuai dengan standar internasional (Joint Commision International/JCI).

  "Akreditasi ini tidak hanya berfokus pada jenis pelayanan, namun lebih pada keamanan dan keselamatan pasien serta bagaimana upaya menjaga mutu pelayanan," ungkap Padilah saat membuka Workshop Akreditasi dengan Versi Baru tahun 2012, di RSJD-AHM, Jumat (19/12).

Menurut dia, tujuan digelar workshop ini adalah agar seluruh jajaran RSJD-AHM dapat memahami dan mempersiapkan diri untuk akreditasi rumah sakit pada 2014 yang sudah menggunakan versi baru Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) 2012 Kementerian Kesehatan RI.  

"Dengan harapan RSJD-AHM sudah mampu memenuhi standar yang sesuai dengan versi baru KARS 2012, sehingga masyarakat akan memberikan pengakuan atas kepuasan yang diperoleh dari pelayanan yang kita berikan," jelasnya.

 Mendukung terwujudnya raihan akreditasi tersebut, RSJD-AHM membentuk 13 kelompok kerja (Pokja) akreditasi sesuai dengan indikator penilaian yang dilakukan oleh KARS. Pokja yang dibentuk diantaranya, Sasaran Keselamatan Pasien (SKP), Hak Pasien dan Keluarga (HPK), Pendidikan Pasien dan Keluarga (PPK), Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP).

Selanjutnya, Pokja Akses Pelayanan dan Kontinuitas Pelayanan (APK), Asesmen Pasien (AP), Pelayanan Pasien (PP), Manajemen Penggunaan Obat (MPO), Manajemen Komunikasi dan Informasi (MKI), Kualifikasi dan Pendidikan Staf (KPS), Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), Tata Kelola Kepemimpinan dan Staff (TKP), Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK).

Sebagai informasi, pada Juni 2013 lalu, RSJD-AHM telah melakukan Workshop Standar Akreditasi Baru dan telah dilakukan evaluasi secara mandiri, namun memang hasilnya masih jauh dari nilai standar yang ditetapkan. Sebelumnya, RSJD-AHM juga telah meraih akreditasi pada 2010-2013.

"Kita mulai bangun lagi pada 2014 ini untuk meraih akreditasi 2015-2018. Ini juga merupakan persyaratan untuk RSJD-AHM mempertahankan status rumah sakit tipe A," ujarnya.

Hadir pada kesempatan itu, sejumlah anggota KARS Kementerian Kesehatan RI, diantaranya dr Wim J Damopoli, dr Jimmy Kalesaran, dr Henry Yapari dan Ida Suaedah. (her/sul/hmsprov)

 

//Foto: Jalannya kegiatan Workshop Akreditasi dengan Versi Baru tahun 2012, di RSJD-AHM, Jumat kemarin. (ist)

 

Berita Terkait