Kalimantan Timur
Pertama di Indonesia, Lomba Ceramah Agama Daring

Dok.humaskaltim

SAMARINDA - Wakil Gubernur H Hadi Mulyadi membuka Lomba Ceramah Agama Jenjang SMA/SMK se-Kaltim di Ruang Pertemuan Kersik Luway Lantai 4 Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim, Senin (15/6/2020). 

Acara pembukaan dilaksanakan secara daring diikuti para Kepala Dinas Pendidikan Cabang I-VI dan para kepala sekolah jenjang SMA/SMK se-Kaltim. Lomba mengangkat tema Menuntut Ilmu dan Akhlak Mulia Pendidikan Agama diikuti 20 peserta. 

"Ini lomba ceramah agama online pertama di Indonesia untuk SMA/SMK. Lomba ini sebuah aktivitas yang luar biasa di tengah pandemi Covid-19 dan bisa dijadikan contoh jenjang lain seperti sekolah dasar dan SMP serta diikuti daerah lain," kata Hadi Mulyadi.  

Wagub berharap lomba secara online tidak saja lomba ceramah. Tapi bisa dilaksanakan untuk lomba-lomba lainnya termasuk seni dan olahraga. Terlebih melibatkan instansi terkait lain, juga jumlah sekolah dan peserta yang banyak. 

Hadi meyakini kegiatan secara online termasuk lomba-lomba walaupun tidak terlalu meriah. Namun, lebih efektif dan efesien serta tidak memerlukan biaya besar. Sebab, peserta tidak perlu datang ke tempat acara serta tidak memerlukan ruangan, tetapi dapat menjangkau ke penjuru wilayah se-Kaltim. 

"Harapan saya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga instansi lainnya bisa memanfaatkan waktu selama belajar di rumah ini. Mungkin hingga Desember nanti. Bisa melaksanakan lomba-lomba secara online agar anak-anak kita tetap aktif dan kreatif," harap Hadi Mulyadi.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim Anwar Sanusi menyebutkan total peserta 126 pelajar, terdiri 56 siswa dan 70 siswa dari 10 kabupaten dan kota jenjang pendidikan SMA/SMK se-Kaltim. 

"Hasil seleksi keluar 20 peserta terdiri masing-masing kabupaten dan kota dua peserta (siswa/siswi). Mereka yang terbaik nanti menjadi contoh dan duta muslimin/muslimat (penceramah) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang akan dibawa tour ke kabupaten dan kota," ujar Anwar Sanusi.

Dalam kesempatan itu, Wagub Hadi Mulyadi secara pribadi memberikan bingkisan uang senilai Rp500 ribu kepada masing-masing 20 peserta lomba. 

Hadir tokoh agama, sekaligus juri KH Kiswanto Munandar, para kepala bidang, kasubbid dan pejabat di lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim, serta Kabag Kehumasan Biro Humas Setdaprov Kaltim Andik Riyanto. (yans/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait