Pertanda Baik

Ist

Sabtu (30/5/2020) dilaporkan tambahan pasien Covid-19 yang sembuh sebanyak 18 orang. Angka ini menjadi yang tertinggi dibanding kesembuhan pada hari-hari sebelumnya. 

Biasanya, penambahan pasien sembuh hanya satu digit, tapi kemarin sudah mencapai dua digit.

"Alhamdulillah ada penambahan pasien sembuh delapan belas orang. Sangat bagus," kata Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim H Nazrin, Minggu (31/5/2020).

Dengan tambahan itu, maka jumlah pasien sembuh mencapai 161 orang. Semakin berjarak dengan pasien yang masih dalam perawatan yang sekarang tinggal hanya 127 orang. Atau berkurang 12 orang, karena pada hari yang sama terdapat penambahan pasien positif sebanyak 6 orang.

Penambahan pasien sembuh berasal dari Kutai Kartanegara sebanyak 10 orang, Penajam Paser Utara 2 orang, Balikpapan 3 orang, Samarinda 1 orang dan Kutai Timur 2 orang.

Sedangkan tambahan kasus positif berasal dari Samarinda 2 orang, Kutai Kartanegara 1 orang, Kutai Timur 1 orang dan Balikpapan 2 orang.

"Semakin optimis kita. Tapi, harus ada kesadaran bersama untuk tidak menambah jumlah pasien. Sekali lagi, mari jujur dan peduli," tegas Nazrin yang juga dipercaya menjadi Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim itu.

Gap antara pasien sembuh dan dirawat semakin jauh. Bila setiap harinya angka kesembuhan semakin tinggi, sementara angka pasien positif Covid-19 terus berkurang, bahkan tidak ada penambahan, maka pandemi virus corona di Kaltim diprediksi akan berakhir lebih awal.

"Tapi kita harus tetap waspada dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam era normal baru," imbuhnya.

Hingga kemarin dilaporkan secara keseluruhan terdapat 1.175 kasus PDP (Pasien Dalam Pengawasan). Rinciannya, probable 1 kasus, negatif 579 kasus, 

positif 291 kasus, meninggal 3 kasus dan masih menunggu hasil laboratorium sebanyak 304 kasus. Catatannya, dari 291 kasus positif, jumlah pasien sembuh jauh lebih banyak daripada pasien yang masih dirawat. Tentu ini menjadi pertanda baik.(sul)

Berita Terkait
Government Public Relation