Pertemuan HLM TPID Kaltim

Dok.humaskaltim

Mewakili Gubernur Kaltim, Plt Sekprov. Kaltim HM Sabani memimpin rapat High Level Meeting (HLM) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kaltim Tahun 2020.

Kegiatan rutin tahunan digagas Kantor Bank Indonesia Perwakilan Kaltim ini dilaksanakan di Ruang Heart of Borneo Lt. 2, Kantor Gubernur Kaltim, Jum’at, 15 Mei 2020.

Pertemuan TPID tingkat Provinsi Kaltim diawali paparan Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Kaltim Tutuk SH Cahyono diikuti kepala daerah (bupati dan walikota), sekretaris daerah, asisten/kabag perekonomian dan TPID kabupaten/kota se Kaltim.

Dalam arahannya, Sa'bani meminta TPID kabupaten dan kota lebih intensif memonitor dan mengendalikan pasokan yang dibutuhkan masyarakat. Sebab, diakuinya, ada indikasi mengkhawatirkan yakni terjadi deflasi periode April.

Disisi lain lanjutnya, jika dibandingkan ketersediaan bahan pokok penting Kaltim ada yang sampai tiga bulan (stok). Kondisi ini akibat pandemi Covid-19 yang berefek permintaan turun atau menurunnya daya beli masyarakat, sehingga terjadi deflasi.

"Ini kondisi yang perlu kita waspadai. Deflasi itu ditingkat mana. Kalau itu kelemahan ketidakkemampuan daya beli, maka pemerintah harus intervensi. Terutama masyarakat yang tidak mampu memperoleh kebutuhan pokok penting agar kita bisa memberikan bantuan, khususnya di saat wabah corona ini," ungkap Sa'bani.

Sementara Tutuk SH Cahyono memaparkan pasokan ketersediaan bahan pangan Kaltim hingga minggu pertama Mei masih mencukupi kebutuhan masyarakat. Namun, saat ini seluruh komoditas perlu terus untuk dimonitor mengingat ada resiko hambatan distribusi pasokan akibat pembatasan sosial di berbagai wilayah sentra pasokan di luar Kaltim.

Tampak hadir Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Abu Helmi, 

Kepala Dinas Perindagkop UMKM Fuad Assadin, Kepala BPS Kaltim Atqo Mardiyanto, pejabat Kantor BI Balikpapan Bimo Epyanto, Kepala Subdivre Bulog Samarinda Mardi, Kepala Dinas Kelautan Perikanan Riza Indra Riadi, Kepala Biro Ekonomi Setdaprov Kaltim Nazrin, Kepala Biro Humas HM Syafranuddìn dan pimpinan perangkat daerah lingkup Pemprov Kaltim.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait