Pertemuan Sela Forkom Pimpinan FKIP se Indonesia

Pertemuan Sela Forkom Pimpinan FKIP se Indonesia, FKIP Harus Bisa Mengubah Mindset Mahasiswa

 

SAMARINDA- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) memiliki peran besar dalam mendukung pembangunan negara, khususnya daerah. Karena itu, ke depan FKIP dituntut bisa mengubah mindset mahasiswa. Sehingga mahasiswa yang lulus dapat semakin berkualitas dan betul siap mencerdaskan anak bangsa. "Artinya, mereka yang lulus dari FKIP sudah mampu siap terjun di pasar kerja. Karena itu, lulusan tersebut harus bisa diterima di dunia pendidikan," kata Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak saat menghadiri pembukaan Pertemuan SELA Forum Komunikasi Pimpinan (Forkom) FKIP Negeri se Indonesia, Pendopo Lamin Etam, Jumat malam (8/9).

 

Awang menyatakan pembangunan sumber daya manusia SDM Kaltim butuh dukungan semua komponen daerah. Termasuk jajaran civitas akademika se Indonesia. FKIP diharapkan dapat menjadi motor penggerak peningkatan kualitas SDM di daerah. Karena itu, FKIP harus terus meningkatkan kualitas tenaga dosen dan sarana prasarana di lingkungan fakultas tersebut. "Karena di Kaltim saat ini masih menggantungkan pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui sumber daya alam (SDA), misalnya minyak bumi dan gas serta batu bara. Ke depan ketergantungan tersebut tidak bisa diandalkan terus menerus. Karena itu, yang menjadi andalan kita adalah bagaimana menyiapkan SDM berkualitas. Sehingga bersaing dengan bangsa lain. Melalui FKIP diharapkan SDM berkualitas dapat tumbuh," jelasnya.

 

Awang meyakini dengan melalui pendidikan yang berkualitas dibangun FKIP, mampu mencetak guru yang berkualitas. Jika guru berkualitas diharapkan peserta didik yang dibina maupun diajar berkualitas.(jay/sul/ri/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation