Pertumbuhan Teknologi Bisa Jadi Ancaman

Hadi Mulyadi

SAMARINDA - Luar biasanya perkembangan teknologi informasi saat ini atau dikenal dengan era milenial, bukan hanya menjadi manfaat bagi generasi akan datang, tetapi bisa juga menjadi ancaman. Karena itu, masalah ini harus diantisipasi, sehingga perkembangan teknologi informasi tidak menjadi masalah dikemudian hari. Makanya, diperlukan etika yang baik dalam memanfaatkan teknologi informasi, contohnya memanfaatkan media sosial. 

"Jadi, teknologi informasi ini semakin hari semakin berkembang. Apabila tidak bisa diantisipasi, maka siap-siap ancaman menanti kita. Karena, melalui teknologi informasi yang terus berkembang, media sosial pun semakin berkembang pesat. Akibatnya disalahgunakan. Misal, memfitnah orang," kata Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi di Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (31/10).

Inilah yang harus diantisipasi, sehingga tidak meresahkan masyarakat dan menyebabkan konflik. Maka, teknologi tersebut harus memberikan manfaat, dengan tekonologi informasi yang berkembang, salah satunya melalui media sosial dapat menentukan faktor pertumbuhan ekonomi. 

Karena itu, hal ini harus disadari seluruh masyarakat terutama generasi muda. Karena, kehidupan saat ini sedang berubah. Itulah ancaman yang akan terjadi. "Contohnya, penyalahgunaan narkoba, kejahatan hingga bencana. Makanya, pertumbuhan teknologi informasi ini harus diantisipasi sedini mungkin. Karena, banyak orang bermasalah gara-gara media sosial. Karena itu, perkembangan ini harus dihadapi dengan dasar etika yang benar," jelasnya. (jay/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait