Perusahaan Harus Dukung Penyelenggaraan Gubernur Cup 2016

SAMARINDA – Penyelenggaraan Turnamen Sepak Bola Gubernur Cup 2016 yang akan digelar Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Pemuda dan Olahraga bersama PSSI dan KONI Kaltim harus didukung sejumlah perusahaan di daerah ini.

“Kembali saya tegaskan Gubernur Cup adalah momen kebangkitan sepak bola kita dan kesuksesan penyelenggaraan tidak terlepas dari peran dan keterlibatan pihak perusahaan di daerah ini,” kata Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak, akhir pekan lalu.

Perhelatan akbar dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Kalimantan Timur ke-59  pada Januari 2016 akan dilaksanakan 20 hari dengan dana penyelenggaraan sekitar Rp12 miliar.

Selain itu, kedua belas tim yang dipastikan berlaga di ajang Gubernur Cup 2016 itu yakni sebelas tim ISL dan satu tim sepak bola PON Kaltim. Namun diperkirakan tim yang berlaga menjadi 16 tim karena ada tim sepakbola dari Korea Selatan dan Sukan Borneo yang akan ikut bergabung.

Sementara itu lokasi penyelenggaraan akan dipusatkan di dua tempat yakni Stadion Utama Palaran Samarinda dan Stadion Segiri Samarinda. Tetapi memasuki semifinal pertandingan akan dikonsentrasikan di Stadion Utama Palaran.

Karenanya, Gubernur Awang Faroek mengharapkan dalam penyelenggaraan,  pihak panitia melalui stering commite dan organizing commite melibatkan pihak perusahaan yang banyak beroperasi di Kaltim.

Misalnya, perusahaan di sektor minyak dan gas bumi serta pertambangan batu bara. Termasuk subsektor perkebunan dan kehutanan serta sektor lainnya sebagai bentuk kepedulian dan dukungan perkembangan olahraga sepakbola di negeri ini.

“Pelibatan pihak perusahaan saya rasa sudah sangat wajar terlebih selama ini mereka sudah menikmati hasil yang luar biasa dari kekayaan sumber daya alam Kaltim. Bisa saja perusahaan itu menjadi sponsorship penyelengggaraan,” harap Awang Faroek Ishak.

Awalnya, Gubernur memberikan klasifikasi bagi perusahaan yang memberikan dukungan dana penyelenggaraan Gubernur Cup 2016. Misalnya, kategori platinum sebesar Rp5 miliar, gold sekitar Rp1 miliar, silver Rp500 juta dan bronze Rp250 juta.

Demi sukses penyelenggaraan Piala Gubernur itu, Dispora bersama PSSI dan KONI Kaltim  melakukan koordinasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, BOPI serta PSSI untuk terkait penyelenggaraan turnamen tersebut. (yans/sul/es/humasprov).

Berita Terkait
Government Public Relation