Peserta Jambore Pemuda Indonesia Tiba Hari Ini

SAMARINDA–Sekitar 1.400 peserta Jambore Pemuda Indonesia (JPI) akan datang  ke Kaltim hari ini melalui Bandara Sepinggan Balikpapan untuk selanjutnya menuju tempat acara di Kompleks Stadion Utama Kaltim di Kecamatan Palaran, Samarinda Seberang. 

Seluruh peserta JPI akan menginap dan tidur di dalam tenta-tenda yang telah disiapkan oleh panitia lengkap dengan fasilitas mandi, cuci dan kakusnya. 

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Sigit Muryono memastikan seluruh kontingen dari 32 provinsi dan 14 kabupaten/kota di Kaltim akan berkumpul di Stadion Utama Kaltim,  Palaran untuk mengikuti persiapan awal kegiatan Jambore Pemuda Indonesia tahun 2013. 

“Selain diikuti oleh 33 provinsi dan kabupaten/kota di Kaltim, JPI tahun 2013 juga diikuti oleh beberapa negara Asean yaitu  Vietnam yang mengirim pemuda sebanyak lima orang, India dua orang, Singapura tujuh orang dan Philipina sebanyak 10 orang,” jelasnya Jumat (25/10). 

Lanjutnya, para pemuda yang tiba di arena langsung mengikuti sejumlah pembekalan terkait acara puncak yang dijadwalkan pada hari Selasa (29 Oktober) dan dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo. 

Hari Sumpah Pemuda Nasional (HSPN) ke85 akan dilaksanakan pada Senin (28/10). Sedangkan pembukaan JPI akan dilakukan Deputi I Menpora, Dr. Alfitra Salamm, pada sore hari tepatnya pukul 15.00 wita. 

Sebelumnya pada Minggu, khusus  peserta  Duta Wisata Pemuda dan peserta Asean  akan melakukan kunjungan wisata ke Kota Tenggarong untuk melihat budaya keraton dan beberapa festival yang tengah diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara. 

Puncak acara yang dilaksanakan pada Selasa,  akan dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo. Saat itu juga akan dilakukan penghijauan di sekitar lokasi kegiatan, dilanjutkan dengan atraksi olahraga tradisional yang dirangkai dengan penyerahan Piala Menpora. 

“Olahraga tradisional yang disuguhkan berupa egrang, permainan bambu gila dan menyumpit. Selain untuk memperkenalkan budaya Kaltim, diharapkan olahraga ini dapat menjadi sarana olahraga hiburan bagi para peserta JPI,” ujarnya. 

JPI yang berlangsung selama satu minggu  akan diisi dengan berbagai macam ceramah dan dialog diantaranya dialog tentang pembangunan karakter  pemuda, motivasi dan kemandirian pemuda, ceramah Narkoba dan HIV/AIDS, dan dialog interaktif dan evaluasi kegiatan pemuda. 

Puncak acara penutupan akan dilangsungkan pada Jumat malam dengan gelaran “Merajut Indonesia” yang ditandai dengan penyalaan api unggun  dan sejumlah penampilan seni terbaik yang akan dipilih panitia melalui pentas seni setiap malamnya. 

“Kita berharap seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan lancar dan sesuai dengan rencana. Kami meminta doa dan partisipasi seluruh masyarakat Kaltim untuk ikut serta mendukung dan dipersilahkan melibatkan diri dalam setiap kegiatan, seperti penghijauan dan kebersihan lingkungan,” harapnya. (yul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation