Peserta Rakernis Sahlikada Heran, TPA Tidak Tercium Aroma Busuk

Foto : Ahmad Riyandi

BALIKPAPAN - Sebanyak 206 peserta Rapat Kerja Teknis Staf Ahli Kepala Daerah (Rakernis Sahlikada) 2020 meninjau best practice pengelolaan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Manggar yang dikelola Pemkot Balikpapan, Rabu (26/2/2020). 

.

Peserta sangat antusias melihat dan merasakan langsung suasana di TPA Manggar yang diklaim Presiden Joko Widodo sebagai TPA terbaik di Indonesia, ketika meresmikannya pada pertengahan Desember 2019 lalu.

.

"Kok ga bau ya? Padahal kan ini tempat sampah," kelakar beberapa peserta rakernis yang terlihat heran. Sebab di TPA Manggar hampir sama sekali tidak tercium aroma tak sedap atau busuk dari sampah yang ada. 

.

Kepala UPTD TPA Manggar Tonny Hartono yang menyambut kedatangan peserta rakernis menjelaskan TPA Manggar dengan luas lahan 9,1 hektar dan tiga unit sanitary landfil mampu memroses 420 ton sampah perhari. 

.

"Proses penghancuran sampah juga ramah lingkungan dan gas metana yang dihasilkan dapat diproses menjadi sumber api kompor gas disalurkan ke rumah-rumah warga di sekitar lokasi," jelas Tonny. 

.

Tonny berharap dalam kunjungan ini dapat menyerap banyak ilmu dan bisa diterapkan di daerah masing-masing peserta Rakernis Sahlikada 2020.(ryn/her/yans/humasprovkaltim).

Berita Terkait